Kasus Pengabdi Mafia Belum Ada Progres, Kamaruddin Simanjuntak Disebut Advokat Kuda yang Kekangnya Lepas

Kamaruddin Simanjuntak dan Uya Kuya
Kamaruddin Simanjuntak dan Uya Kuya

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pengacara Ustaz Julliana, Muhammad Mualimin, menilai Kamaruddin Simanjuntak memang tak layak menjadi seorang advokat.

Pasalnya, ucapan Kamaruddin Simanjuntak soal polisi pengabdi mafia itu merupakan pernyataan yang bukan lagi diucapkan oleh seorang advokat yang sedang membela kliennya.

“Publik harus paham. Ini sudah jauh keluar konteks dari masalah yang sedang ditanganinya,” kata dia kepada pojoksatu.id, Rabu (25/1/2023).

Karena itu, ia mengingatkan terlapor tidak berlinding di balik UU Advokat.


“Maka, secara teori hukum Kamaruddin tidak dapat berlindung di balik UU Advokat dan Kode Etik Profesi Advokat,” sambungnya.

BACA: Gak Main-main, Laporan Ustaz Julliana ke Kamaruddin Simanjuntak Tiba-tiba Diambil Alih Polda Metro, Ada Apa?

Mualimin yang juga merupakan seorang advokat menyarankan Kamaruddin tetap memegang teguh konteks dan rambu-rambu masalah hukum apa yang sedang ditanganinya.

“Prinsip inilah yang mungkin tidak dapat dicerna oleh seorang Kamaruddin entah karena mentang-mentang sedang viral atau takut kehilangan panggung pemberitaan,” ujarnya.

Karena itu, Mualimin menilai terlapor Kamaruddin layaknya seperti kuda yang kekangnya lepas, sehingga menyebabkan yang bersangukutan liar dan tidak terkendali.

“(Kamaruddin) Seperti kuda yang kekangnya lepas sehingga liar dan tak terkendali. Praktik seorang pengacara harus tetap memegang teguh konteks dan batasan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Kamaruddin Simanjuntak menyebut anggota kepolisian biasanya mengabdi ke negara hanya seminggu. Setelahnya mereka akan mengabdi kepada mafia.

BACA: Pengacara Ustaz Julliana Tampaknya Makin Geram dengan Kamaruddin Simanjuntak, Stop Omong Besar Kalau Tak Ada Buktinya

“Maksud begini lo, polisi itu rata-rata mengabdi ke negara cuma seminggu. Tiga minggunya lagi mengabdi ke mafia,” tuturnya.

Atas podcasnya itulah, Kamaruddin Simanjuntak dan Uya Kuya dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan.

Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor polisi Nomor: LP/5020/XII/2022/RJS dengan pelapor atas nama Ustaz Julliana

Atas laporan itu, Kamaruddin Simanjuntak disangkakan Pasal 28 (2) Jo 45 (2) UU ITE, Pasal 14, 15 UU Nomor 1 Tahun 1946, dan Pasal 207 KUHP. (Firdausi/pojoksatu)

Konten menarik lainnya dari PojokSatu.id bisa dibaca melalui Google News KLIK DI SINI.