Unggul di Kalangan Masyarakat Berpendidikan, Pengamat Minta Anies Baswedan Jangan Bangga Diri

Anies Baswedan dan Surya Paloh (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Anies Baswedan salah satu calon presiden atau capres di Pilpres 2024 yang paling diunggulkan di kalangan masyarakat berpendidikan.

Hal tersebut berdasarkan hasil Survei Voxpol Center Research and Consulting, Anies Baswedan mendapat dukungan sebesar 41,2 persen.

Sementara itu, capres lain seperti Ganjar Pranowo berasa diurutan ke dua dengan memperoleh 31,8 persen dan disusul Prabowo Subianto 18,8 persen.

Menurut pengamat Jamiluddin Ritonga, Anies Baswedan jangan berbangga diri dengan hasil survei tersebut.


Pasalnya, pada saat Pilpres 2019 Prabowo Subianto juga unggul di kalangan pendidikan dibandingkan dengan Jokowi.

Baca Juga :

Soal Dugaan Curi Start Kampanye Anies Baswedan, Bukti Berkas 3 Rangkap Sudah Mulai Didalami Bawaslu

“Namun kenyataannya Prabowo malah kalah oleh Presiden Jokowi dua kali di Pilpres karena Jokowi dipilih oleh orang yang tidak berpendidikan,” kata Jamiluddin kepada pojoksatu.id, Jumat (9/12/2022).

Sebaliknya, lanjut Jamiluddin, Anies Baswedan seharusnya was-was dengan hasil survei tersebut yang menyebut dirinya unggul di kalangan masyarakat berpendidikan.

“Kalau unggul di kalangan berpendidikan tinggi, maka Anies justru harus was-was. Sebab, peluang kalah akan sangat besar,” tuturnya.

Ia juga menyarankan Anies Baswedan harus mengarahkan perhatiannya kepada segmen pendidikan menengah ke bawah.

“Tentu saja strategi dan pendekatan kepada segmen ini akan berbeda dengan yang berpendidikan tinggi. Tentu mengalihkan fokus kepada segmen pendidikan,” ucapnya.

“Menengah ke bawah perlu segera dilakukan. Kalau Anies mampu mengambil sebagian dari segmen tersebut, barulah Anies berpeluang besar menang pada Pilpres 2024,” pungkas Jamiluddin. (mufit/pojoksatu)