Kantongi Bukti Penyebab Kematian Satu Keluarga Kalideres, Polisi Beri Sinyal Kasus Ditutup

Foto di dalam rumah keluarga Kalideres yang terlihat kotor (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Polda Metro Jaya mengungkap sudah memiliki bukti-bukti penyebab kematian satu keluarga Kalideres Jakarta Barat.

Penyebab kematian satu keluarga itu akan disampaikan Jumat (9/12/2022) sore ini.

Polda Metro Jaya akan mengungkap seterang-terangnya kasus kematian satu keluarga di Perumahan Citra Garden I, Jakarta Barat.

Dalam kasus ini, penyidik akan membuka seterang-terangnya hasil penyelidikan dan hasil pemeriksaan kedokteran forensik Polri.


“Sore ini akan dijelaskan secara scientific oleh kedokteran forensik, oleh labfor, kemudian juga dari psikologi forensik ya,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi kepada wartawan, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga :

Buli-buli Klenting Kecil Diduga Digunakan Keluarga Mayat Kalideres untuk Ritual Memperlancar Rizki

Kombes Hengki juga menuturkan, bila dalam pendalaman yang akan disampaikan pihak-pihak terkait tidak mengandung unsur pidana.

Maka kasus kematian satu keluarga di Kalideres itu akan ditutup alias dihentikan.

“Ya intinya kalau tidak ditemukan unsur pidana maka akan kita hentikan,” ujar Hengki.

Sebelumnya, penyidik menemukan buli-buli klenting kecil ditemukan di rumah keluarga mayat Kalideres di Perumahan Citra Garden I, Kalideres, Jakbar. Gunanya diduga untuk ritual memperlancar rizki.

Dugaan polisi, Buli-buli klenting kecil ini diduga sering digunakan Budianto Gunawan, paman di keluarga Kalideres, yang semua keluarganya meninggal di dalam rumah pada 21 November 2022 lalu.

Sementara itu, dketahui, ditemukan empat jasad yang merupakan satu keluarga dalam sebuah rumah di Kompleks Citra Garden Satu Extension, Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (10/11/2022).

Keempat jasad yang ditemukan tewas dalam kondisi mengering itu masing-masing bernama Rudyanto Gunawan (71) dan sang istri bernama Margaretha Gunawan (58).

Lalu anaknya yang bernama Dian (40) dan yang terakhir yakni ipar dari Rudyanto bernama Budyanto Gunawan.

Hingga saat ini penyidik Polda Metro Jaya telah memeriksa 28 saksi dalam kasus kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat.

Hasilnya ada kesamaan antara keterangan saksi dengan barang bukti yang disita di TKP. Namun hingga saat ini penyidik masih mendalami penyebab kematian empat orang tersebut. (firdausi/pojoksatu)