Ini Analisa Pakar Psikologi Nekatnya Perwira Menengah Mayor Infanteri Bagas Firmasiaga Perkosa Perwira Kostrad

Mayor Infanteri Bagas Firmasiaga ditetapkan tersangka pemerkosaan Kowad perwira Divisi 3 Kostrad Letda Caj GER (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri, menganalisa sikap perwira menengah Mayor Infanteri Bagas Firmasiaga yang memperkosa perwira Kostrad Letda Caj GER.

Reza Indragiri menilai Mayor Infanteri Bagas Firmasiaga terbilang sangatlah nekat melakukan tindakan bejatnya terhadap Letda Caj GER.

Apalagi, Mayor Inf Bagas hanyalah anggota TNI yang baru sebatas Mayor, yang kemungkinan sangat kecil pengaruhnya.

Diketahui, perwira menengah dalam kepangkatan TNI AD yaitu Mayor, Letkol dan Kolonel. Masih ada perwira tinggi di atasnya mulai pangkat Brigjen, Mayjen, Letjen, Jenderal.


“Tapi nekad sekali dia tetap berani melakukan perbuatan jahat itu. Apalagi dengan pangkatnya yang baru sebatas Mayor,” kata Reza saat dihungi pojoksatu.id, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga :

Profil Letda Caj GER Korban Amoral Perwira Paspampres Mayor Bagas, Mojang Bandung Hobi Renang

Dengan pangkat terbilang masih rendah itu, kata Reza, Mayor Bagas juga sangatlah sulit mengintervensi pihak hotel untuk menghilangkan sejumlah barang bukti berupa CCTV.

“Kecil kemungkinan dia bisa mengendalikan manajemen hotel agar menghapus rekaman CCTV,” ujar Reza

Tak hanya itu, Reza juga menilai, kemungkinan Mayor Bagas sudah memilah-milah resiko dari ulah kejahatannya itu, sehingga yang bersangkutan tetap nekat melakukan perbuatannya itu.

“Dengan posisinya sebagai Paspampres, pasti dia tahu risiko yang bisa muncul,” ujarnya.

Dari analisanya, Mayor Inf BF melakukan aksi nekatnya kepada perwira pertama Kostrad Letnan Dua (Letda) TNI GER karena diduga tengah berada dalam pengaruh miras atau narkoba.

Baca Juga :

Ini Kronologi Pemerkosaan yang Dialami Letnan Dua Kostrad oleh Paspampres Mayor Bagas

“Lantas apa yang melatari kenekadannya itu? Rasanya tak mungkin sekonyong-konyong dia kehilangan kecerdasannya. Kecuali jika ada pengaruh narkoba atau miras,” kata Reza saat dihubungi pojoksatu.id, Selasa (6/12/2022).

Dengan menggunakan narkoba atau miras, Mayor Inf Bagas Firmasiaga (BF) jelas mempunyai keberanian serta kehilangan akal sadarnya.

Sebab perbuatan Mayor Infanteri Bagas Firmasiaga itu resikonya akan berdampak kepada karirnya di TNI.

“(Penggunaan narkoba atau miras) yang memang bisa membuat pemakainya kehilangan akal sehat,” tuturnya.(firdausi/pojoksatu)