Utak Atik Ganjar Pranowo Capres KIB, Ini Analisa Pengamat Politik Indonesian Public Institute

Ganjar Pranowo (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, menganalisa soal utak atik peluang Ganjar Pranowo menjadi capres Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Munculnya nama Ganjar Pranowo sebagai usulan capres yang diajukan DPW PAN Jawa Tengah disebut hanya sebatas wacana.

Sebab, partai berlambang matahari itu masih masuk dalam KIB bersama PPP dan Golkar.

Di mana KIB sudah sepakat akan mengusung kader internal pada Pilpres 2024. Dan, Ganjar bukanlah kader dari tiga partai tersebut.


“Usulan dari DPW PAN Jawa Tengah dalam mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu Serentak 2024 baru sebatas wacana,” kata pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, Senin (5/12).

Baca Juga :

Jamiluddin : Endorse Jokowi Terhadap Nama Capres Sudah Seperti Barang yang Diobral

Meski sebatas wacana, Karyono menyebut, kemungkinan suara konsituen PAN di tingkat daerah lebih cenderung ke Ganjar.

Sehingga, tidak menutup kemungkinan Ganjar akan dapatkan tiket Capres dari KIB melalui PAN.

Namun demikian, menurut Karyono, dukungan tersebut semakin memperkuat sinyal bahwa PAN memiliki kecenderungan akan mengusung Ganjar.

Hal itu diperkuat oleh pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menyebut bahwa rata-rata pengurus PAN di daerah suaranya sama ingin mengusung Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden 2024.

Apalagi, lanjut Karyono, kader PPP juga mengikuti PAN dalam mengusung Ganjar di sebagai capres pada Pemilu 2024.

Melihat hal tersebut, Karyono menyebut KIB sejauh ini belum menyimpulkan untuk mendukung Ganjar.

Sebab, masih ada Partai Golkar yang masih setia mendukung kader partainya menjadi capres yakni Ketua Umum Airlangga Hartarto.

“Dukungan dari sejumlah pengurus PAN dan PPP belum bisa diambil kesimpulan bahwa KIB sudah bulat akan mengusung Ganjar,” jelas Karyono.

Sebelumnya, DPW PAN Jawa Tengah menyatakan ingin mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Pilpres) pada Pemilu Serentak 2024.

Setelah menerima usulan itu, Ketua Umum PAN Zulkilfi Hasan mengungkapkan bahwa memang hampir semua kader PAN mengusulkan Ganjar Pranowo yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah sebagai Capres 2024.

“Memang hampir semua wilayah begitu suaranya (usul Ganjar capres),” kata Zulhas dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah di Hotel Grasia, Semarang, pada Jumat lalu (2/12).

Zulhas mengatakan, usulan PAN Jateng itu akan ditampung oleh DPP untuk dibahas lebih lanjut sebagaimana mekanisme internal yang sudah ditetapkan.

“Tentu nanti mekanismenya kan kita sampaikan di DPP pada saatnya,” katanya. (ikror/rmol/pojoksatu)