Cara Ganjar Pranowo Bina Desa Atasi Kemiskinan Tuai Respon Positif

Acara Dzikir dan Doa Bersama Damai Untuk Negeri.

POJOKSATU.id, Subang – Upaya Jawa Tengah dalam mengatasi kemiskinan direspon positif oleh Koordinator Relawan Mak Ganjar Provinsi Jawa Barat, Nurapsi.

Nurapsi menilai, hal tersebut merupakan langkah yang konkret dan bukti kerja nyata Ganjar Pranowo menangani Jawa Tengah selama dua periode.

“Pak Ganjar punya program namanya ‘Satu SKPD Satu Desa Binaan’, ini hal yang luar biasa dilakukan Pak Ganjar, apalagi penurunan angka kemiskinan di Jawa Tengah yang paling tinggi di Indonesia,” kata Nurapsi saat ditemui dalam acara Dzikir dan Doa Bersama Damai Untuk Negeri, di Desa Jabong, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (4/12/2022).

Program “Satu SKPD Satu Desa Binaan”, sebut Nurapsi, merupakan program yang berlandaskan budaya gotong royong dan kerukunan. Program ini memberdayakan semua pihak, kemudian memberi semangat dan bantuan secara kolektif.


Baca Juga : Berkomitmen Majukan Pesantren dan Desa, Ratusan Santri di Jawa Tengah Suarakan ‘Ganjar Presiden 2024’

Berdasarkan informasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah ada 3,83 juta jiwa (10,93%) dari total penduduk pada Maret 2022.

Penduduk miskin di provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Ganjar Pranowo ini berkurang 102,57 ribu jiwa dibanding posisi September 2021. Jumlah tersebut juga menurun 278,31 ribu jiwa jika dibandingkan dengan posisi Maret 2021.

“Ini angka penurunan yang cukup signifikan, ini yang pantas dijadikan contoh. Pengetasan kemiskinan adalah suatu pembangunan yang luar biasa,” lanjut Nurapsi.

Adapun program lainnya yang dirasa Nurapsi tepat adalah dengan mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berdikari itu sudah tepat dalam mengatasi berbagai masalah terkait kemiskinan.

Baca Juga : Dukungan untuk ‘Ganjar Pranowo Presiden Kita’ Membahana di Kota Serdang Bedagai

Nurapsi berkomitmen akan terus mendistribusikan program Ganjar Pranowo di Jawa Barat melalui peran Mak Ganjar dengan memberikan bantuan langsung maupun pembinaan UMKM kepada emak-emak.

“Kita coba bantu mengakselerasi program Pak Ganjar di Jawa Barat. Harapannya ini bisa jadi kepanjangan tangan dari langkah baik Pak Ganjar dalam memajukan bangsa,” ujar Nurapsi.

Dukungan Presiden Untuk Ganjar Pranowo Tuai Respon Positif Emak-Emak Jawa Barat

Setelah melakukan konsolidasi di sejumlah wilayah di Jawa Barat, Mak Ganjar berhasil menjaring belasan ribu Emak-Emak yang berkomitmen mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024 – 2029.

“Dari pertengahan 2022 sampai dengan saat ini, kita menorehkan catatan baik, dimana sudah belasan ribu emak-emak yang bertekad mendukung Bapak Ganjar dengan sukarela. Kedepannya saya yakin akan lebih banyak lagi saat mendekati pemilu,” tambah Nurapsi.

Nurapsi berharap, gelombang dukungan akan semakin kuat di waktu mendatang.

“Seperti biasa dalam mempersatukan para ibu-ibu kita menggelar Dzikir dan Doa Bersama Untuk Bangsa. Dengan kegiatan ini semoga mendapatkan keberkahan dan ridho Allah, terutama dalam mendoakan calon pemimpin masa depan Indonesia,” tutupnya. (kik/pojoksatu)