Effendi Simbolon Sebut Jokowi Mau Rombak KSAD dan Pangkostrad serta Danjen Kopassus

Effendi Simbolon politisi PDIP (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Politisi PDIP Effendi Simbolon menyebut Presiden Jokowi mau merombak total kepala staf dan danjen-danjen TNI pada awal 2023 nanti, termasuk KSAD Jenderal Dudung.

Effendi Simbolon yang duduk di Komisi I DPR RI ini menyebut ada rencana Joko Widodo (Jokowi) untuk merotasi jabatan KSAL, KSAU hingga KSAD.

“Sambil menunggu proses pergantian total, mungkin awal tahun? Ganti semua, jebret,” jelasnya kepada wartawan, Sabtu (3/12).

Effendi menyebut rotasi ini termasuk ke Danjen Kopassus, Panglima Kostrad (Pangkostrad) dan danjen-danjen lainnya.


“Seluruh tiga Kepala Staf (TNI), seluruh danjen -danjen, Danjen Kopassus, Pangkostrad, semua itu dirotasi,” ujarnya.

Baca Juga :

Hanya Menjabat 11 Bulan, Ini 4 Visi Prioritas Usungan Calon Panglima TNI Yudo Margono

Effendi mengatakan, hal seperti ini tidak perlu persetujuan dari Komisi I DPR.

“Kalau itu kan ranah sepenuhnya presiden itu. Nggak, dia nggak perlu konsultasi sama kita, nggak perlu persetujuan,” katanya.

“Itu kan kita mengkompilasi informasi dan juga melihat tingkat, katakanlah kebutuhan dan tantangan dinamika yang berjalan mulai tahun depan, kan gitu, Ini kan ekskalasi naik, gitu.” tambahnya lagi.

Effendi Simbolon mengungkap adanya rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) merotasi Kepala Staf Angkatan Udara, Laut dan Darat.

Sebelumnya, Effendi bicara soal calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang merupakan sosok sederhana.

Dia yakin Yudo tidak memiliki syahwat untuk berpolitik.

“Beliau (Yudo), dari track recordnya baik, kinerjanya baik, sederhana, tidak berpolitik praktis. Tidak ada kegenitan cawe-cawe ke kiri kanan. Mungkin buat presiden nyaman ya,” kata Effendi Simbolon politisi PDIP berdarah Batak ini.(ikror/pojoksatu)