Hanya Menjabat 11 Bulan, Ini 4 Visi Prioritas Usungan Calon Panglima TNI Yudo Margono

Yudo Margono menjalani fit and profer test di DPR RI didampingi KSAD dan KSAU serta Kapolri (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Meski hanya menjabat 11 bulan, calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memaparkan empat (4) visi priotas yang akan diusung ketika jadi Panglima TNI.

Menurut calon panglima TNI Yudo Margono, empat visi prioritas yang dia usung antara lain SDM, operasional, operasi gabungan dan reformasi birokrasi TNI.

Empat visi ini akan mewujudkan TNI yang Patriot NKRI.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI, Jumat (2/12/2022), Yudo mengatakan, empat hal itu antara lain.


Pertama, Yudo memfokuskan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Satu, mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia TNI yang unggul, yang setiap penugasan dilandasi oleh profesionalisme, dan jiwa yang tangguh,” kata Yudo.

Baca Juga :

Yudo Margono Tiba di Gedung DPR Dikawal 3 Jenderal Koleganya, Siap Jalani Fit and Proper Test

“Perlu kami laporkan, bahwa di dalam visi saya selama menjadi KSAL, sumber daya manusia saya prioritas yang utama karena ini adalah modal pembangunan TNI,” katanya lagi.

Prioritas kedua, Yudo ingin agar ada kesiapan operasional satuan TNI, baik itu personel maupun alutsista. Sehingga, bisa segera digerakkan kapanpun sesuai kebutuhan.

Kemudian, hal ketiga adalah memperkuat operasi gabungan antar matra TNI.

Secara dasar, sudah terbentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) sehingga visi tersebut bisa maksimal.

“Yang ketiga, memperkuat implementasi konsep gabungan yang telah diaktualisasikan melalui pembentukan Kogabwilhan TNI,” katanya.

Mengingat waktu itu, di dalam pembentukkan Kogabwilhan TNI, di mana Kopgabwilhan adalah efektifitas Kodal dari Panglima TNI.

Kobgabwilhan 1, 2, 3 akan menjadi pelaksanaan tugas Panglima TNI dalam melaksanakan operasi maupun latihan sesuai wilayah kerjanya yang nantinya akan memimpin Kotama-Kotama Ops sesuai dengan yang sudah dibantukan sesuai dengan wilayah kerjanya.

Sementara prioritas keempat adalah soal reformasi birokrasi dan kultur TNI. Sehingga bisa menunjang tugas dan tanggung jawab TNI.

“Empat memantapkan implementasi reformasi wilayah birokrasi dan kultur organisasi di tubuh TNI guna menunjang tugas dan tanggung jawab TNI dalam menegakkan kedaulatan NKRI,” ujarnya.

Diketahui, Calon Panglima TNI Yudo Margono saat ini sudah berumur 57 tahun atau tepatnya pada 26 November 2022 lalu.

Sementara Jenderal Andika Perkasa resmi pensiun dari Panglima TNI pada Desember ini. (ikror/pojoksatu)