Ceramah Habib Rizieq Shihab di Reuni 212 Singgung Tantangan di Masjid Istiqlal hingga Izin Polisi

Habib Rizieq terlihat hadir di Masjid Attin menghadiri Reuni 212 tahun 2022 (detikcom)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ceramah Habib Rizieq Shihab di Reuni 212 tahun 2022 menyinggung soal banyaknya tantangan panitia jika acara digelar di Masjid Istiqlal dan Lapangan Monas.

Habib Rizieq Shihab mengatakan perizinan penyelenggaraan acara Reuni 212 di dua lokasi tersebut ditolak pihak berwenang, baik itu Masjid Istiqlal maupun di Monas.

Dan pada akhirnya Reuni Akbar 212 bertema ‘Munajat Akbar Indonesia Bersholawat’ digelar di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim), Jumat 2 Desember 2022.

“Panitia berusaha reuni 212 ini, saya dapat kabar dari panitia diusahakan digelar di Monas sebagaimana tahun 2016 tapi tidak berhasil. Mau dipindah ke Istiqlal juga tidak berhasil. Banyak tantangannya,” tegas HRS dalam sambutannya di Aksi Reuni Akbar 212, Jumat (2/12/2022).


HRS menegaskan Reuni Akbar 212 tahun 2022 ini bersifat legal dan konstitusional, bukan acara liar.

Baca Juga :

Kurang Sopan, Habib Rizieq Dipaksa Hadir ke Reuni 212 di Masjid At-Tin

Menurutnya, pihaknya sudah mendapatkan izin baik dari DKM Masjid At-Tin hingga perizinan dari kepolisian dari Polda Metro Jaya.

“Acara ini legal konstitusional, jadi acara ini bukan acara liar tanpa izin. Jadi izin resmi dari DKM. Kemudian pemberitahuan kepada kepolisian juga berjalan baik,” jelasnya.

Terselenggaranya acara Reuni Akbar 212 tahun 2022 ini di Masjid At-Tin, TMII, Jakarta Timur, berkat kerja keras dari panitia dan pertolongan Allah SWT.

“Dan Alhamdulillah akhirnya mendapat tempat ini. Ini merupakan pertolongan Allah meskipun kita tidak bisa menggelar di Monas dan Istiqlal. Tapi tidak kalah berkah, kita bisa menggelar di tempat ini,” jelasnya.

Sekretaris Majelis Syuro Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif mengungkap fakta Masjid Istiqlal Jakarta tidak berkenan menjadi lokasi reuni tahun 2022.

Slamet Maarif juga mengatakan Reuni Akbar Aksi 212 tahun 2022 ini tak lagi digelar di sekitar Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

“Awalnya kita berharap di Masjid Istiqlal, tapi pihak Istiqlal tidak berkenan. Sehingga kita pilih alternatif lain yaitu Masjid At-Tin,” kata Slamet, Selasa (29/11/2022).

Sebagai gantinya, Ia mengatakan Reuni 212 digelar di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur dengan tajuk ‘Indonesia Berselawat’, Jumat (2/12/2022). (ikror/pojoksatu)