Terungkap, Masjid Istiqlal Tidak Berkenan Jadi Lokasi Reuni Aksi 212 Tahun 2022

Slamet Maarif Ketum PA 212 (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sekretaris Majelis Syuro Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif mengungkap fakta Masjid Istiqlal Jakarta tidak berkenan menjadi lokasi Reuni 212 tahun 2022.

Slamet Maarif juga mengatakan Reuni Aksi 212 tahun 2022 ini tak lagi digelar di sekitar Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

“Awalnya kita berharap di Masjid Istiqlal, tapi pihak Istiqlal tidak berkenan. Sehingga kita pilih alternatif lain yaitu Masjid At-Tin,” kata Slamet, Selasa (29/11/2022).

Sebagai gantinya, Ia mengatakan aksi Reuni 212 digelar di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur dengan tajuk ‘Indonesia Berselawat’, Jumat (2/12/2022) mendatang.


“Sebetulnya kalau isi acara sama setiap reuni diisi dengan tahajjud, subuh berjemaah, zikir, munajat, selawat serta tausiah. Hanya berbeda tempat tahun ini,” kata Slamet.

Baca Juga :

Reuni 212 Akan Digelar Jumat, Kali Ini Temanya Indonesia Bersholawat Demi Keselamatan NKRI

 

Slamet membeberkan alasannya menggelar Reuni 212 itu di Masjid At-Tin lantaran mencermati situasi pandemi virus corona (Covid-19) belakangan ini.

Ia juga mengaku mendengarkan masukan dari pelbagai ulama yang menyarankan acara tersebut di gelar di masjid.

Slamet berharap acara di Masjid At-Tin akan lebih khusyuk.

Rencana Reuni Aksi 212 akan dimulai pada pukul 03.00 hingga 09.00 WIB.

Acara ini diawali dengan salat Tahajud bersama. Kemudian dilanjutkan muhasabah, salat subuh berjemaah dan tausyiah agama dari para tokoh yang hadir.

“Semoga dengan diadakan di masjid kita lebih khusyuk dalam mengetuk langit untuk keselamatan NKRI,” kata Slamet Maarif.

Berita sebelumnya, Reuni Akbar 212 yang biasanya digelar di Monas, Jakarta Pusat, namun kali ini reuni tersebut digelar di Masjid At-tin, Jakarta Timur.

“Tempatnya Reuni 212 di masjid At-tin TMII, Jakarta Timur,” kata Ketua Panitia, Abdul Qohar, Rabu (30/11/2022).

Reuni 212 yang digelar di Masji At-tin ini akan dimulai dari jam 03.00 WIB sampai 09.00 WIB dengan diawali salat Tahajjud berjamaah dan muhasabah.

Kemudian dilanjutkan salat Subuh berjamah dan munajat akbar.

“Dan diisi juga dengan tausiah agama,” ujarnya.

Reuni tahun ini juga bertajuk Munajat Akbar dan bersholawat untuk keselamatan NKRI.

Aksi 212 pertama kali dilaksanakan pada 2 Desember 2016 silam. Aksi yang mengusung gerakan bela Islam itu dihadiri jutaan orang.  (ikror/pojoksatu)