Soal Calon Panglima TNI Tunggal, Pimpinan DPR Minta Tak Perlu Dipermasalahkan

KSAL Laksamana Yudo Margono calon Panglima TNI/net

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pimpinan DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta semua pihak untuk tidak mempermasalahkan soal calon Panglima TNI tunggal.

Diketahui, Presiden Joko Widodo hanya mengusulkan calon TNI tunggal yaitu Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono.

Menurut Dasco, hal tersebut merupakan hak prerogratif seorang presiden yang tidak perlu diperdebatkan.

“Saya pikir itu enggak perlu dipermasalahkan, mau satu nama. Karena ini kan kewenangan dari Presiden dan yang sudah-sudah juga memang satu nama,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022).


Ketua Harian DPP Partai Gerindra menjawab hal tersebut ketika ditanya adanya anggapan bahwa idealnya Presiden mengirimkan tiga nama sebagai calon Panglima TNI.

Dasco menegaskan, DPR tidak mempersoalkan hal tersebut dan tetap berkomitmen menjalankan tugas menguji Yudo sebagai calon Panglima TNI melalui fit and proper test.

BACA : Jokowi Pilih Yudo Margono Jadi Panglima TNI Dinilai Sudah Tepat, Pengamat Maritim Bilang Begini

“Nanti beberapa hal yang mungkin mau ditanyakan kan bisa nanti dipertegas di fit and proper. Dan saya pikir akan dijalankan sesuai mekanisme,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan dirinya memilih Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) menjadi Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI.

Orang nomor satu di Indonesia itu menyebutkan ditunjuknya Yudo Margono menjadi Panglima TNI untuk menjaga rotasi matra di tubuh TNI.

”Satu, yang kita ajukan satu (calon), KSAL yang sekarang karena memang kita rotasi matra,” kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekertariat Presiden, Selasa (29/11/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun berharap DPR RI menyetujui surat presiden atau Surpres yang sudah dikirim ke DPR RI pada, Senin, 28 November 2022.

”Panglima TNI kan sudah kita ajukan. Panglima TNI sudah diajukan ke DPR untuk mendapatkan persetujuan,” pungkas Presiden Jokowi. (Mufit/Pojoksatu)