Ritual Budianto Ternyata Diikuti 3 Keluarga Kalideres Lainnya, Pakai Mantra dan Kemenyan

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Aktivitas ritual Budianto Gunawan (68) ternyata diikuti tiga keluarga Kalideres lainnya di Perumahan Citra Garden 1, Kalideres, Jakarta Barat.

Aktivitas ritual Budianto itu memakai mantra dan kemenyan. Mereka meyakini ritual ini akan membuat hidup mereka lebih baik.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan salah satu korban yang aktif melakukan ritual adalah paman di keluarga yang berlokasi di Citra Garden 1 ini.

“Ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan yang mengarah kepada almarhum Budianto, bahwa yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu,” kata Hengki, Selasa (29/11/2022).


Menurut Kombes Hengki, dari hasil pemeriksaan ahli psikolog forensik, diduga kuat tiga anggota keluarga lainnya di keluarga ini mengikuti aktivitas ritual yang dijalankan Budianto Gunawan.

Baca Juga :

Polisi Ungkap Budianto Mayat Keluarga Kalideres Lakukan Ritual Tertentu Sebelum Meninggal

Ketiganya Rudianto Gunawan (71) bersama istrinya Renny Margaretha (68) dan putri mereka Dian Febbyana (41).

“Hal ini mengakibatkan adanya suatu belief (kepercayaan) dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga dilakukan melalui ritual tertentu,” kata Hengki.

Namun Dirreskrimum belum membeberkan secara detail aktivitas ritual yang dijalankan keluarga Kalideres ini.

Selain itu, di rumah ini ditemukan buku-buku lintas agama serta buku berisi mantra-mantra dan juga kemenyan.

“Kami akan mengundang ahli sosiologi agama untuk melakukan analisa lebih lanjut terhadap tulisan yang ada di dalam buku serta hubungannya dengan temuan jejak benda-benda di TKP,” beber Kombes Hengki.

Kejadian penemuan mayat di keluarga Kalideres yang berisi empat anggota keluarga ini terjadi pada 10 November 2022 lalu.

Namun dari penyelidikan polisi, ternyata ibu dalam keluarga Kalideres ini yang bernama Renny Margaretha lebih dulu meninggal sekitar 6 bulan lalu atau Mei 2022.

Sementara pada September 2022, petugas jentik kelurahan setempat masih menyaksikan ayah di keluarga Kalideres ini yang bernama Rudianto Gunawan, masih hidup. Namun sudah dalam kondisi murung dan terlihat stres.(ikror/pojoksatu)