Ramai Kode ‘Rambut Putih’ Jokowi, Begini Respon Iwan Fals, Gus Mus Hingga Sujiwo Tejo

Presiden Joko Widodo/ist

POJOKSATU.id, JAKARTA – Topik “rambut putih” hari-hari belakangan ramai jadi perbincangan netizen. Tren topik ini dimulai setelah Presiden Joko Widodo menyinggungnya sebagai salah satu ciri pemimpin yang memikirkan rakyatnya.

Pernyataan itu dilontarkan Jokowi saat menghadiri Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan, Sabtu (26/11).

Dia menilai kesungguhan pemimpin itu bisa dilihat dari tampilan fisiknya, seperti rambut dan perawatan wajah.

Tak sedikit tokoh publik tanah air yang merespon lontaran kode Jokowi itu. Gerakan posting rambut putih tiba-tiba menggejala di sejumlah akun para tokoh terkenal. Mereka mengunggah foto rambut putih di akun instagram.


Seperti dilakukan pelantun lagu Bento, Iwan Fals. Pemilik nama lengkap Virgiawan Liestanto itu mengunggah sebuah foto di akun Twitternya pada Sabtu (26/11) lalu. Tepatnya di hari yang sama Jokowi melontarkan pernyataan.

“ini dia yg wajahnya berkerut & rambutnya putih semua,” tulis Iwan sebagai keterangan fotonya.

BACA : Singgung King Maker 2024, Direktur Survei Sampai Heran Jokowi Tak Ditegur PDIP Soal Rambut Putih

Praktis Iwan mendapat banyak respon dari pengikutnya. Ada yang menanggapi positif dan dijadikan candaan, tak sedikit pula yang negatif. Netizen bahkan mengunggahh foto Presiden Soeharto.

Lain lagi dengan budayawan Sujiwo Tejo. Pria kelahiran Jember 60 tahun silam itu juga ikut meramaikan tren rambut putih. Tak cukup satu, pemilik nama lengkap Agus Hadi Sudjiwo itu mengunggah tiga foto.

Keterangan fotonya panjang dan bercerita. Foto pertama adalah foto dirinya telanjang dada, berpose menghadap ke kanan dan menunjukkan warna asli rambutnya.

“Yth Pak @.jokowi, yg njenengan maksud orang berambut putih itu saya atau tamu yang bertandang ke gubuk saya yg lahap dahar #bakso di SLIDE 2 dan 3 itu.. mohon pencerahannya pak … Heuheuheu,” kata Sujiwo pada keterangan foto di akun instagramnya.

Dua foto lain, merupakan foto Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sedang makan bakso di rumahnya. Momen itu terjadi ketika Ganjar secara khusus datang ke rumahnya untuk menyampaikan sukacita atas perkawinan anaknya.

Diterangkan Sujiwo, pada pesta pernikahan anaknya itu Ganjar tak bisa datang karena mendampingi Presiden Jokowi di Solo. Tak kurang dari 120 netizen pengikut Sujiwo berkomentar dan fotonya disukai 13ribu akun.

BACA : Prabowo Subianto Kena Angin Surga Jokowi, Ujang : Rambut Putih Itu Hanya Ganjar

Selain Sujiwo Tejo dan Iwan Fals, ulama asal Rembang, Jawa Tengah juga tak ketinggalan. KH Mustofa Bisri atau lebih dikenal Gus Mus, juga mengunggah swafotonya. Terlihat ia mengenakan kemeja warna abu-abu, dan tampak jelas rambutnya yang memutih.

“Rambutku putih; tapi dahiku tidak berkerut, karena tidak pernah berpikir yang berat-berat,” tulis Gus Mus di akun Instagramnya (at)s.kakung.

Tak ketinggalan Ridwan Kamil juga mengunggah foto rambut putih. Gubernur Jawa Barat itu mengenakan kacamata hitam berpose di atas sepeda motor antik. Kang Emil yang sehari-hari berambut putih, kali ini tiba-tiba berambut putih.

“Disuruh isteri. ganti gaya rambut mulai bulan depan. Entah kenapa. Saya tanya kenapa? Jawabnya: udah nurut ajah,” tulisnya di kolom kepsen.

Pernyataan Jokowi memang menimbulkan banyak spekulasi. Publik mengira, ‘kode’ tersebut ditujukan buat Ganjar Pranowo. Nahkodanya Jawa Tengah selama dua periode itu memang punya ciri khas karena rambutnya yang putih.

Namun Ganjar sendiri rupanya merespon kode itu dengan cara yang nyeleneh. Di akun IG nya, Ganjar justru memposting foto diri yang sedang berambut hitam. (ade/pojoksatu)