Sekda Bandung Serahkan Langsung Bantuan Gempa kepada Bupati Cianjur

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna menyerakan bantuan dari Pemkot Bandung untuk korban gempa Cianjur kepada Bupati Cianjur Herman Suherman
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna menyerakan bantuan dari Pemkot Bandung untuk korban gempa Cianjur kepada Bupati Cianjur Herman Suherman

POJOKSATU.id, CIANJUR – Sebanyak 12 truk bantuan dan uang tunai Rp500 juta yang dihimpun Pemkot Bandung diserahkan langsung Sekda Kota Bandung Ema Sumarna kepada Bupati Cianjur Herman Suherman.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Pendopo Kabupaten Cianjur, pada Selasa 29 November 2022.

Bantuan yang diberikan diantaranya pakaian, selimut, sembako, makanan ringan, sandal, susu, kerudung, sepatu anak, koper, obat-obatan, alat mandi, tenda pleton, air mineral dan kasur.

Ema mengatakan, atas nama Pemkot Bandung turut prihatin atas gempa Cianjur.


“Kami turut prihatin yang sedalam-dalamnya. Kami merasakan hal yang saudara-saudara di Cianjur rasakan,” ujarnya, Selasa 29 November 2022.

Ema menyatakan, Pemkot Bandung terus berkomitmen berkontribusi pada setiap bencana yang terjadi, termasuk gempa Cianjur.

BACA: Pemkot Bandung Kirim 12 Truk Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

“Pada malam setelah terjadinya gempa, kami telah mengirimkan 20 ambulan dari 14 rumah sakit. Kami juga mengirimkan tim rescue Diskar PB,” katanya.

Pemkot Bandung sebelumnya juga telah mengirimkan bantuan ambulans, dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan tenaga farmasi.

Selain itu, Pemkot Bandung melalui Dinas sosial juga telah mendirikan dapur umum sejak Sabtu, 26 November 2022 di Desa Sukamanah, Kecamatan Karangtengah.

“Kami juga mendirikan dapur umum sudah berjalan selama dua hari. Kami merasa Cianjur adalah saudara kami dan saling membantu,” ujar Ema.

Ema berharap, berbagai bantuan yang telah dikirimkan oleh Pemkot Bandung dapat meringankan beban korban dan bermanfaat.

“Semoga dapat diterima masyarakat dengan baik,” katanya.

BACA: Pemkot Bandung Salurkan Bansos Rp7 Miliar Kepada 15.280 KPM

Sementara, Bupati Cianjur Herman Suherman mengapresiasi berbagai bantuan yang diberikan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemkot Bandung atas atensinya kepada kami,” ucapnya.

Hermasn juga meminta doa seluruh masyarakat agar situasi cepat kembali pulih.

“Mohon doanya dari seluruh masyarakat kota Bandung, agar kami bisa cepat pulih kembali,” kata Herman.

Herman mengungkapkan, dari 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur, sebanyak 16 kecamatan terdampak gempa. (Arief/pojoksatu)