Sudah 6 Saksi Diperiksa Terkait Tewasnya 1 Keluarga di Kalideres, Tapi Hasilnya Gini

Lokasi tewasnyasatu keluarga di Kalideres

POJOKSATU.id, JAKARTA- Polda Metro Jaya meralat pernyataan terkait pemeriksaan terhadap anak perempuan dari pasangan suami istri (pasutri) Rudyanto dan K Margareth.

Pasaturi ini diketahui jadi korban tewas satu keluarga yang mengering di Kalideres, Jakarta Barat.

“Jadi yang diperiksa itu dua, yakni adik dari Ibu Margaretah. Margareth itu ibu yang punya rumah, dia kan tinggal sama suaminya. Kami sementara lagi nunggu hasil daripada laboratorium forensik kemudian daripada kedokteran forensik, phisical forensik untuk kematian mereka itu,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Endra Zulpan kepada wartawan, Senin 21 November 2022.

Menurut Zulpan, sejauh ini sudah enam orang saksi dimintai keterangannya selain dua adik korban tersebut.


Misalnya, Ketua RT setempat, sekuriti, sampai petugas PLN yang mengecek meteran listrik ke rumah keluarga itu. Tapi, penyebab kematian mereka masih saja belum terungkap karena polisi masih menunggu hasil pemeriksaan forensik.

“Karena tanpa keluar itu (pemeriksaan forensik) penyidik dari Polda Metro Jaya belum berani simpulkan. Walaupun, masyarakat sudah banyak duga, masa sih karena kelaparan kan kecil ya,” kata dia.

BACA : Posisi 4 Anggota Keluarga yang Meninggal di Kalideres Diduga Sudah Direncanakan, Ada yang di Kamar, Sofa dan di Lantai

Sebelumnya diberitakan, polisi memeriksa sejumlah saksi dalam penyelidikan tewasnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat.

Terbaru, saksi yang diperiksa ialah anak perempuan dari pasangan suami istri (pasutri) Rudyanto dan K Margareth.

“Periksa beberapa saksi di antaranya dua orang anak daripada korban Rudyanto dan K Margareth. Dua anak tinggal di Bekasi, itu sudah diperiksa,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat, 18 November 2022.

Untuk diketahui, penemuan empat jasad yang merupakan satu keluarga di dalam sebuah rumah, menggegerkan warga Kalideres Jakarta Barat, Kamis, 10 November 2022.

Keempat orang yang ditemukan tewas dalam kondisi mengering itu yakni Rudyanto Gunawan (71) dan sang istri bernama Margaretha Gunawan (58), kemudian anak dari keduanya bernama Dian (40) dan yang terakhir yakni Budyanto Gunawan, yakni ipar dari Rudyanto.

Dalam kasus ini, polisi belum bisa menyimpulkan penyebab tewasnya keempat orang itu. Namun berdasarkan dari hasil autopsi, tidak ada tanda kekerasan pada 4 orang itu. Selain itu, dari proses autopsi juga diketahui tidak ada zat atau unsur makanan di organ dalam keempat korban tewas tersebut.

BACA : Korban Tewas Satu Keluarga di Kalideres Diduga Telah Menjual Hartanya, Ini Buktinya

Sementara itu, Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan olah TKP dengan melibatkan banyak ahli laboratorium forensik, kedokteran forensik, Inafis cukup membuahkan hasil dan menemukan titik terang terkait motif.

“Ternyata ini kita memperoleh beberapa kemajuan atau titik terang dari penyelidikan ini, salah satunya terkait motif. Kita bisa patahkan beberapa motif, kita masih perlu pendalaman lagi,” kata Kombes Hengki saat ditemui awak media di Perumahan Citra Garden I Kalideres, Jakarta Barat, Rabu, 16 November 2022.

Hengki mengatakan, atas temuan itu polisi masih melakukan pendalaman, namun belum bisa dijelaskan secara detail motif apa saja yang sudah terpatahkan. (ade/pojoksatu)