PKS Maaf Yah, Aher Tak Layak Jadi Cawapres Anies Baswedan, Ini Alasannya

Anies Baswedan dan Aher (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA- Pengamat politik Jamiluddin Ritonga menilai Ahmad Heryawan tidak layak menjadi calon wakil presiden Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Pasalnya, Aher dinilai tak memenuhi tiga kriteria cawapres yang diinginkan Anies Baswedan.

Tiga kriteria itu mampu berkontribusi memenangkan pemilu, perkuat stabilitas politik, dan mampu membantu menjalankan pemerintahan.

“Aher tidak memenuhi kriteria Anies Baswedan itu,” kata Jamiluddin kepada Pojoksatu.id di Jakarta, Senin, 31 Oktober 2022.


Menurut Dosen Universitas Esa Unggul itu, dari tiga kriteria yang diinginkan Anies itu, ada dua kriteria yang tidak bisa dipenuhi Aher.

“Dari tiga kriteria itu, ada dua kriteria yang sulit dipenuhi Ahmad Heryawan. Pertama, ia belum memiliki elektabilitas,” ucapnya.

BACA : Aher Lebih Layak Dampingi Anies dari AHY, Ditinjau Track Record Pengalaman dan Suara Parpol

Jamiluddin menyebutkan sejauh ini belum ada lembaga survei yang memunculkan elektabilitas Ahmad Heryawan.

Karena itu, keterpilihan Ahmad Heryawan sangat rendah. Hak ini akan menyulitkannya untuk berkontribusi memenangkan Pilpres 2024.

Kemudian, Aher juga sulit untuk memperkuat stabilitas politik. Sebab, dirinya dan Anies sama-sama dari kelompok agama.

“Jadi, kalau Anies dan Ahmad Heryawan berpasangan, maka ketertarikan dari nasionalis tidak terakomodir. Hal itu akan berpeluang mempersembahkan stabilitas politik,” ucapnya.

Untuk diketahui, nama Aher disebut-sebut salah satu kader dari PKS yang diusulkan untuk menjadi cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024. (Mufit/Pojoksatu)