Pendaftaran PPPK 2022 Ditunda, BKN Ingin Guru Lulus PG Dituntaskan Baru P2 dan P3

Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana menanggapi rencana pendaftaran PPPK 2022 pada 25 Oktober. (Dok Sewaktu.com)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Rencana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran PPPK 2022 hari ini, 25 Oktober, belum mendapat restu dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

BKN selaku Ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) belum berani membuka akses portal sistem seleksi calon aparatur sipil negara (SSCASN) untuk pendaftaran PPPK 2022 bulan ini.

BKN beralasan, masih ada kendala teknis di Kemendikbudristek yang harus diselesaikan sebelum pendaftaran PPPK 2022 dibuka.

Kendati demikian, BKN mempersilahkan jika Kemendikbudristek tetap ingin membuka pendaftaran PPPK Guru 2022 pada 25 Oktober. Namun seleksinya tidak melalui SSCASN BKN.


Diketahui, Kemendikbudristek ingin pendaftaran seleksi pelamar prioritas 1 (P1), prioritas 2 (P2), prioritas 3 (P3), dan pelamar umum dilaksanakan bersamaan.

BACA : Seleksi PPPK Guru 2022 Ditunda Lagi? Nadiem Makarim Ngaku Banyak Komplain

Pelamar P1 adalah guru lulus passing grade (PG) 2021. Sementara pelamar P2 adalah guru honorer kategori 2 (K2) dan pelamar P3 adalah guru honorer yang terdaftar di Dapodik dengan masa kerja di atas 3 tahun.

Sedangkan pelamar umum adalah guru honorer yang terdaftar di Dapodik dengan masa kerja kurang dari 3 tahun, guru lulusan PPG, dan guru swasta yang terdaftar di Dapodik.

BKN menilai terlalu berisiko jika seleksi P1, P2, P3, dan pelamar umum dilaksanakan bersamaan.

Kemendikbudristek dinilai tidak konsisten karena skema pelaksanaan seleksi PPPK Guru 2022 tidak sesuai rencana awal.

Awalnya, Kemendikbudristek dan Panselnas sepakat seleksi PPPK Guru dilaksanakan bertahap. Dimulai dari penuntasan guru lulus passing grade (PG) atau pelamar P1.

Setelah P1 tuntas, baru dilaksanakan seleksi P2 dan P3. Terakhir, seleksi tes bagi pelamar umum.

Mekanisme ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru pada Instansi Daerah.

Baca berita selengkapnya dengan mengklik link: Seleksi PPPK Guru 2022 Boleh Dibuka 25 Oktober, Tapi Tidak Lewat SSCASN BKN