Ini Bocoran Sosok Capres yang Bakal Mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024, Bukan AHY Loh Ya

anies baswedan-foto banjir jakarta
Anies Baswedan minta warga tak khawatir foto-foto banjir, tidak separah aslinya

POJOKSATU.id, JAKARTA- Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago membocorkan sosok calon wakil presiden atau cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Diketahui, sosok cawapres yang disebut-sebut bakal mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024 adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Namun, Pangi belum bisa memastikan apakah AHY yang bakal mendampingi Gubernur DKI Jakarta itu.

Direktur Eksekutif Voxpol Center And Consulting itu pun menyarankan agar Anies Baswedan memilih cawapres yang potensial.


“Supaya nggak salah pasang, cawapres itu mesti yang mampu menutupi dan punya zonasi irisan berbeda satu sama lain,” kata Pangi dihubungi Pojoksatu.id, Kamis (13/10/2022).

Menurut Pangi, memilih cawapres itu tidak bisa berdasarkan asumsi, like or dislike atau persepsi semata.

“Tapi harus berbasiskan data preferensi politik yang terukur melalui survei, jika tidak sama saja dengan bunuh diri politik,” tuturnya.

BACA : Pengamat Bandingkan Popularitas Anies Baswedan dan Puan Maharani, Yang Melejit dan yang Tidak Ada Apa-apanya

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat AHY mengaku hanya bisa mengamini jika masyarakat ingin dirinya menjadi pasangan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Belakangan, wacana duet Anies-AHY sebagai calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024 memang menguat.

Meski begitu, AHY mengatakan dirinya tidak bisa berbicara banyak terkait itu selain mengamininya.

“Saya tidak ingin komentar terlalu banyak di sana (wacana duet Anies-AHY). Kalau ada sesuatu yang baik dan itu menjadi harapan rakyat, kita amini saja,” ujar AHY kepada awak media di GOR Ciracas, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Di samping itu, dia mengklaim dirinya memang punya kedekatan dengan Anies. Menurutnya, dirinya dan Anies sudah mengenal sejak lama.

Kini kedekatan antara dirinya dan Anies semakin terbangun. Bahkan, AHY mengungkapkan telah berdikusi banyak terkait permasalahan bangsa dengan Anies.

“Yang jelas chemistry di antara kami terbangun dengan komunikasi, silahturahmi, yang semua itu sebenarnya kami dedikasikan mendiskusikan hal-hal yang bisa diperbaiki untuk Indonesia ke depan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, AHY mengatakan dirinya dan Anies perlu membangun kesamaan visi dan semangat untuk membangun Indonesia ke depannya. (Mufit/Pojoksatu)