Jatim Fair 2022 Resmi Dibuka, Event Ini Diyakini Bisa Lahirkan Enterpreneur Muda Lebih Banyak

Pemprov Jawa Timur resmi membuka Jatim Fair 2022

POJOKSATU.id, JATIM- Pemprov Jawa Timur resmi membuka Jatim Fair 2022. Jatim Fair 2022 ini digelar selama 7 hari dari mulai dari tanggal 7-13 Oktober 2022. Event tahun ini tercatat sebanyak 281 stand yang mengikuti acara Jatim Fair 2022 secara offline.

Stand-stand tersebut di antaranya berasal dari OPD Pemprov Jatim, Kabupaten/Kota di Jatim, BUMN/BUMD, Swasta, UMKM sampai beberapa Kabupaten/Kota di luar Jatim.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap Jatim Fair 2022 ini, semoga mampu memotivasi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bangkit usai diterpa pandemi selama du tahun terakhir.

“Semoga lewat ajang ini, muncul lebih banyak lagi enterpreneur muda yang mampu menembus pasar-pasar baru, termasuk pasar ekspor dengan membawa produk lokal,” kata Khofifah usai membuka gelaran Jatim Fair 2022 di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Jum’at (7/10).


Khofifah optimis, Jatim Fair 2022 ini semoga menjadi forum bisnis yang tak hanya mempertemukan antara produsen dari Jawa Timur.

Namun juga luar provinsi dan pulau. Bahkan diyakini bisa mendatangkan dari mancanegara dengan berbagai latar belakang.

BACA : Cegah Penyebaran Covid-19, Pemprov Jatim Batasi Jumlah Tamu Hotel

“Saya optimistis ajang ini mampu menjadi motor penggerak dan percepatan kebangkitan ekonomi masyarakat di Jatim. Apalagi ini digelar offline usai dua tahun lamanya berkonsep hybrid,” tuturnya.

Selain itu, Khofifah juga menuturkan, sektor UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian di Jawa Timur.

Karena itu ia mengungkapkan waktu pelaksanaan Jatim Fair 2022 sebaiknya lebih diperpanjang.

“Jejaring pelaku UMKM Jatim akan semakin bertambah luas. Koneksi yang terbangun ini tentu akan berujung pada transaksi perdagangan,” ujarnya.

“Ajang ini juga menjadi sarana tolak ukur kekuatan daya saing produk yang dipamerkan,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini Khofifah turut menyerahkan penghargaan stand terbaik dengan kategori tematik yakni stand tema khusus diraih Dinas Perhubungan Prov. Jatim, stand dengan keberagaman produk terbaik diraih PT. Pelabuhan Indonesia (Persero), stand penataan produk terbaik diraih Kanwil BI Jatim.

Dan stand dengan sirkulasi terbaik diraih Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Jatim. Kemudian Slstand dengan estetika terbaik diraih Bapenda Jatim.

Stand dengan elemen Jawa Timur terbaik diraih Dinsos Prov. Jatim, stand nuansa eco green diraih Dinas Kehutanan Prov. Jatim, dan stand penggiat CSR terbaik diraih PT. Pertamina (Persero). (firdausi/pojoksatu)