POR Lansia 2022, Pemkot Bandung Ajak Lansia Tetap Sehat dan Produktif

Pembukaan Pekan Olah Raga (POR) Lansia 2022 yang digelar Pemkot Bandung di GOR Pajajaran Bandung

POJOKSATU.id, BANDUNGPemkot Bandung bersama Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kota Bandung menggelar Pekan Olahraga Lansia (POR Lansia) Kota Bandung Tahun 2022 di Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran Bandung, 3-4 Oktober 2022.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto mengatakan, POR Lansia bertujuan membuat lansia semakin gemar olahraga dan semakin sehat serta lebih produktif.

“Kita ingin tidak hanya fokus olahraga prestasi, tapi kita juga mengembangkan olahraga masyarakat termasuk lansia,” ujar Eddy usai pembukaan.

Mengusung tema ‘Lansia Sehat Bandung Kuat’, POR Lansia mempertandingkan dua cabang olah raga yakni senam dan tenis meja.


Total peserta tercatat lebih dari 300 orang dari 23 Kecamatan di Kota Bandung.

Sebanyak 17 kecamatan mengikuti cabang olahraga senam dan 15 kecamatan mengikuti cabang olahraga tenis meja.

BACA: STQH Kota Bandung Diikuti 213 Orang, Misi Pertahankan Gelar Juara Umum Jabar

Sementara umur peserta seluruhnya di atas 60 tahun.

Eddy berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat karena senam merupakan olahraga murah dan bisa dilakukan dimana saja.

“Sehingga senam ini secara masif bisa dilakukan diseluruh pelosok Kota Bandung sesuai tema kita Lansia Sehat Bandung Kuat,” imbuhnya.

Eddy menyebut POR Lansia akan diadakan rutin setiap tahun agar lansia di kota Bandung semakin gemar olahraga dan semakin sehat.

“Kita akan terus mengaktifkan program bagi lansia,” kata Eddy.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa trofi, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

BACA: Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Kota Bandung Imbau Pemuda Seimbangkan IQ, EQ, dan SQ

Sementara itu, Wakil Ketua Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kota Bandung, Endang Saepudin mengatakan rasa syukurnya atas diselenggarakannya POR Lansia ini.

Ia menyatakan, POR Lansia merupakan kegiatan pertama yang dilakukan di Indonesia.

“Sangat berbangga hati, belum ada di Indonesia kegiatan seperti ini untuk LLI, saya berterimakasih pada Pemkot dan Dispora yang luarbiasa yang mungkin pertama kali di Indonesia,” ujarnya.

Ia berharap, dengan hadirnya POR Lansia dapat meningkatkan kesehatan dan produktifitas Lansia di Kota Bandung.

“Diharapkan kegiatan seperti ini bisa terus berjalan dan tolong ditingkatkan, semoga bisa bertambah lagicabang olahraga yang dipertandingkan,” katanya. (Arief/pojoksatu)