Para Tokoh Toraja Deklarasikan IkaT Nusantara, Jenderal Purnawirawan Jadi Ketua Formatur

Para tokoh Toraja yang menghadiri deklarasi IKaT Nusantara di Hotel Tribrata Jakarta, Sabtu (1/10).

POJOKSATU.id, JAKARTA – Puluhan tokoh Toraja dari beberapa kota di Indonesia, mendeklarasikan berdirinya Ikatan Keluarga Toraja (IKaT) Nusantara pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

IKaT Nusantara menjadi organisasi tempat berhimpun seluruh organisasi kerukunan kekeluargaan masyarakat Toraja dari berbagai wilayah di nusantara dan nancanegara.

Acara yang berlangsung di Gedung Tribrata tersebut diikuti para utusan dari berbagai lembaga dan organisasi sosial kemasyarakatan Toraja se-Indonesia.

Tokoh-tokoh Toraja yang hadir pada kesempatan itu antara lain Irjen Pol (Purn) Frederik Kala’lembang, mantan Bupati Tana Toraja Kolonel Inf (Purn) Tarsis Kodrat, mantan Anggota DPD RI Litha Brent, mantan Anggota DPR RI Carol Yani Kadang.


Hadir pula Jonathan Pasodung, Yuli Parantean Bura, Annar Sampetoding, Bobby Sangka’, Ronny D Tulak, David Allorerung, Ishak Pagalla, Edy Ratetasak, Alex Rantetoding, Emyati Tangke Lembang, Nemba Tangkeallo, Saltje Talamma’, Ramli Randa, Prof Marthen Napang, drg Ferry Latanna, Hendra Sinadia, dan sejumlah tokoh Toraja lainnya.

BACA : Gubernur Sudirman Gelontorkan Rp290 Miliar Bangun Toraja, Mulai dari Insfrastruktur dan Pariwisata

Acara deklarasi diawali dengan doa oleh ulama dan pendeta, disusul dengan penekanan tombol deklarasi oleh penggagas IkaT Nusantara yaitu Irjen Pol (Purn) Frederik Kala’lembang, Bobby Sangka, David Allorerung, April Bulo dan Ruman Tumbo.

Sedangkan pembacaan naskah deklarasi IKaT Nusantara dibacakan oleh wakil dari IKT Merauke, Irianto Sabar Gatang, didampingi para utusan dari berbagai organisasi kemasyarakatan Toraja dari beberapa kota di Nusantara.

“Adanya IkaT Nusantara, tidak akan mengubah status, eksistensi dan simbol-simbol serta nama dari berbagai organisasi kerukunan masyarakat Toraja yang sudah ada sebelumnya,” tandas Irianto.

Naskah deklarasi IkaT Nusantara kemudian ditandatangani oleh utusan dari beberapa organisasi kemasyarakatan dari berbagai daerah antara lain Kombongan Sangtorayaan Makassar, HIKMAT Bandung, IKAT Jabodetabek, IKAT Kabupaten Luwu, IKAT Luwu Timur, IKAT Malang, IKAT Tarakan, IKAT Tana Luwu, IKKT Batam, IKKT Probolinggo-Lumajang, IKT Asmat, IKT Merauke, IKT Papua, IKAT Malang dan lain-lain.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan latar belakang dan tujuan deklarasi IKaT Nusantara oleh Ketua Panitia, April Bulo.

Seusai deklarasi tersebut, disepakati untuk melengkapi susunan kepengurusan IkaT Nusantara oleh Tim Formatur yang diketuai oleh Irjen Pol (Purn) Frederik Kala’lembang dan David Allorerung selaku sekretaris tim.

Tim formatur akan diberi waktu selama satu bulan untuk membentuk susunan pengurus lengkap IkaT Nusantara dengan melibatkan berbagai tokoh Toraja baik di pusat maupun daerah. (*)