Menteri Nadiem Makarim Pamer 600 Ribu Guru Honorer Sudah Diangkat Jadi Guru PPPK, Ini Pertarungan Tak Mudah

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim

POJOKSATU.id, JAKARTA- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim mengklaim sepanjang tahun 2021 dan 2022 setidaknya sudah ada 600 ribu guru honorer diangkat menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K atau PPPK).

Pengangkatan 600 ribu guru honorer ke PPPK ini merupakan ikhtiar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan upaya pemerintah memenuhi kebutuhan pendidik berkualitas.

“2021 sebenarnya diangkat 300 ribu guru P3K dari guru honorer diangkat. Dan di Tahun 2022 berdasarkan formasi yang berhasil di kami negosiasikan dengan Pemda. Ini Insya Allah 300 ribi lagi guru honorer di Tahun 2022 yang akan diangkat menjadi P3K,” kata Menteri Nadiem dalam rapat kerja bersama Komite III DPD RI yang disiarkan di Youtube DPD RI, Selasa (27/9/2022).

BACA : 9 Bulan Guru PPPK Lampung Tak Digaji, DPR Warning Keras Nadiem Makarim


Menurut Nadiem, pengangkatan 600 ribu guru honorer ke guru PPPK yang gajinya hampir setara dengan ASN akan berlangsung hingga akhir tahun ini.

“Jadi totalnya udah sekitar lebih dari 600 ribu guru PPPK ya di akhir tahun ini,” ujarnya.

Mantan bos gojek ini juga mengakui tidak mudah memang untuk melalukan pengangkatan 600 ribu guru honorer menjadi guru PPPK

Pasalnya pihaknya juga perlu berkordinasi dengan Pemda-pemda setempat perihal pengangkata guru honorer ke PPPK tersebut.

“Ini tentunya ini bukan proses yang sempurna berbagai macam ketidaksempurnaan dan masalah di lapangan kenyataannya sangat sulit untuk kita meyakinkan Pemda untuk bisa mengeluarkan formasi tersebut,” ujarnya.

“Dan formasi itu adalah haknya Pemda mereka punya kekuasaan untuk tidak memberikan full angka formasi tersebut jadi itu adalah suatu pertarungan yang yang sangat berat bagi kami untuk terus menegosiasikan dengan semua daerah untuk formasi,” tegas Nadiem.(firdausi/pojoksatu)