Gempa Guncang Aceh 2 Hari Berturut-turut, Sabtu Pagi Berkekuatan 6,4 Skala Richter

Gempa guncang Aceh Sabtu pagi 24 September 2022 (ist)

POJOKSATU.id, BANDA ACEH – Gempa guncang Aceh dalam dua hari terakhir. Gempa terkini terjadi pada Sabtu (24/9) sekitar pukul 03:52:59 WIB dengan kekuatan magnitudo 6,4 skala richter.

Sebelumnya gempa bumi magnitudo 5,1 skala richter juga mengguncang Aceh tepatnya di wilayah Takengon, Aceh Tengah, Jumat (23/9) sekitar pukul 02.36 WIB.

Berdasarkan data pemuktahiran BMKG, gempa terbaru ini terjadi pada pukul 03:52:59 WIB yang berlokasi di 3.77 Lintang Utara (LU), 95.97 Bujur Timur (BT).

“Pusat gempa berada di laut 45 km baratdaya Meulaboh-Aceh Barat, dengan Kedalaman 22 kilometer,” tulis BMKG.


Getaran gempa dirasakan (MMI) IV Pasie Raja, III Banda Aceh, III Meulaboh, II Pidie.

Baca Juga :

Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Mamberamo, Papua

Seorang warga Blangpidie, Aceh Barat Daya, Ratna Aidar mengatakan bahwa dirinya terbangun dari tidur karena getaran gempa cukup kuat dirasakan dan berlangsung lama.

“Saya terbangun dari tidur. Di sini kencang gempanya dan lama juga,” ungkapnya.

Sehari sebelumnya, gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Takengon, Aceh Tengah pada Jumat (23/9) sekiar pukul 02.36 WIB.

Demikian siaran informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dipantau di Jakarta, lokasi gempa terletak pada 4,44 Lintang Utara (LU) dan 96,60 Bujur Timur (BT).

Adapun pusat gempa berada di 34 km barat daya Takengon, dengan kedalaman 10 km.

Tidak dilaporkan potensi tsunami akibat gempa tersebut, namun BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada atas kemungkinan gempa susulan.

Demikian dua hari berturut-turut, gempa guncang Aceh. Hingga kini belum ada laporan resmi apakah ada kerusakan atau korban jiwa dalam akibat guncangan gempa 6,4 skala richter di Aceh ini. (ikror/pojoksatu)