Ini Sederet Kontroversi Max Moein, Anaknya Wanita Emas Seperti Mengikuti Jejak sang Ayah

Deretan kontroversi Max Moein ayah si Wanita Emas (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Tak beda jauh dengan sang anak, Wanita Emas, yang kini dijerat berbagai kasus. Ternyata Max Moein ayah Wanita Emas juga memiliki sederet kontorversi saat menjadi pejabat di DPR RI.

Max Moein adalah mantan politisi senior PDI-Perjuangan yang memiliki sederet kontroversi saat menjabat sebagai anggota DPR RI periode 1999-2004 dan 2004-2009.

Mulai dari kasus korupsi cek pelawat yang berujung vonis selama satu tahun delapan bulan hingga kasus foto syur bersama mantan sekretaris pribadinya, Desi Fridiyanti.

Diketahui, Ketua Majelis Hakim sidang cek pelawat untuk terdakwa Agus Condro dan tiga rekannya yang diketuai Suhartoyo memvonis Max Moien dan Rusman Lumbantoruan terbebas dari kewajiban perampasan negara untuk cek pelawat yang diterima senilai Rp 500 juta.


Baca Juga :

Kilas Balik Kasus Ayah Hasnaeni Moein Dipecat Fraksi PDI Perjuangan Karena Aduan Desi Fridiyanti

Max Moein usai persidangan saat itu di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kamis, 16 Juni 2011 mengatakan bahwa uang yang mereka pakai bukan uang negara.

Adapun Willem Max Tutuarima divonis satu tahun enam bulan, Max Moein dan Rusman Lumbantoruan dijatuhi satu tahun delapan bulan.

Majelis Hakim Suhartoyo juga menjatuhkan hukuman satu tahun tiga bulan bagi Agus Condro.

Keempatnya terbukti melanggar UU No 20 Tahun 2001 Pasal 11 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Adapun Max Moein dan Rusman Lumbantoruan tak mengembalikan sepeser pun hartanya ke KPK, sehingga diganjar penjara tertinggi selama satu tahun delapan bulan dibanding terdakwa yang lain.

Foto Syur Bersama Mantan Sekpri

Selain kasus korupsi yang berujung vonis penjara satu tahun delapan bulan, Max Moein juga memiliki sederet kontroversi lain yang terkenal dengan kasus foto syur bersama mantan sekretaris pribadinya, Desi Fridiyanti.

Dalam sidang paripurna di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/9/2008), Max resmi diberhentikan dari anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

Max Moein dipecat berkat aduan mantan sekretaris pribadinya, Desi Fridiyanti.

Kasus Max Moein berawal dari pengaduan Desi Fridiyanti. Ia mengaku telah menjadi korban pelecehan seksual Max saat menjadi sekretarisnya.

Demikian sederet kontoversi Max Moein, ayah Wanita Emas, dan kini putrinya Hasnaeni Moein seperti mengikuti jejak sang ayah. Dimana Wanita Emas kini ditahan dan ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi. (ikror/pojoksatu)