Pertamina Patra Niaga Tanam Ratusan Pohon di DAS Citarum

Pertamina Patra Niaga menanam sebanyak 200 pohon di bantaran DAS Citarum, Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

POJOKSATU.id – PT Pertamina Patra Niaga melalui Fuel Terminal Bandung Group Regional Jawa Bagian Barat melakukan kegiatan program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) Lentera Jiwa dengan penerapan komitmen perusahaan berlandaskan Enviromental, Social, and Governance (ESG) melalui program susur daerah aliran sungai (DAS) Citarum dan penanaman sebanyak 200 pohon di bantaran DAS Citarum, Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Area Manager Communication Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan menuturkan bahwa Program Lentera Jiwa ini merupakam Program TJSL yang berfokus kepada Pemberdayaan ODGJ yang sudah pulih untuk bisa kembali beraktifitas di lingkungan masyarakat.

“Pertamina melalui FT Bandung Group bekerjasama dengan Desa Siaga Sehat Jiwa Pangauban untuk mengembalikan rasa kepercayaan diri teman teman ODGJ dan keluarganya dalam kehidupan bermasyarakat untuk mencintai lingkungan” ungkap Eko.

Baca Juga : Pertamina Patra Niaga Salurkan Produk Smooth Fluid (SF 04) Perdana kepada PT Halliburton Indonesia – Petronas Lamongan Shore Base


Ia menjelaskan program ini dijalankan bersama untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan lingkungan yang merupakan wujud dari penerapan komitmen ESG (Environment, Social, Governance) yang tidak hanya dijalankan Pertamina tapi juga bersama dengan masyarakat

Hadir pada acara tersebut Kepala Desa Pangauban Ade Sulaeman, Bintara Operasional (Baop) Sektor 9 Citarum Harum Soleh Kurnia, Dosen Stikes Budi Luhur bidang Kejiwaan Aan Somana, Kelompok Desa Siaga Sehat Jiwa, Jajaran Pemerintah Desa Pangauban, dan tokoh masyarakat Desa Pangauban.

“Adanya kegiatan ini telah menciptakan pemikiran terbuka bahwa ODGJ tersebut bukan harus dijauhi tapi harus di perhatikan dan diberikan suatu kegiatan yang akan bermanfaat bagi dirinya dan keluarganya” ungkap Ade Sulaeman Kepala Desa Pangauban.

Ade pun menuturkan bahwa teman-teman ODGJ sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Dirinya atas nama Pemdes Pangauban menyampaikan terima kasih setingginya kepada Fuel Terminal Bandung group atas kerjasama dan Program TJSL Lewat Lentera Jiwa yang dapat membangkitkan semangat Bagi ODGJ agar dapat kembali percaya diri untuk bersosialisasi dengan Masyarakat.

Penanaman pohon ini berperan dalam menjaga kondisi hidrologis bantaran sungai sehingga memberikan dampak positif pada penurunan kasus banjir dan longsor.

Selain kegiatan Penanaman Pohon Di bantaran Sungai DAS Citarum, ODGJ pun diajak untuk berkeliling DAS Citarum yaitu Waduk Saguling menggunakan perahu agar mereka bisa mengetahui lingkungan tempatnya tinggal selama ini.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Soleh Kurnia selaku Babinsa Citarum Harum kepada Pertamina FT Bandung Group yang telah peduli terhadap lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di bantaran DAS Citarum dan mendukung program citarum harum. (adv/pojoksatu)