Gelagat Aneh Sebelum Ketua Dewan Pers Meninggal Serangan Jantung, Malapeh Salero Masakan Padang

Ketua Dewan Pers memperlihatkan gelagat aneh sebelum meninggal (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Di mata keluarga, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra memperlihatkan gelagat aneh tak biasanya sebelum meninggal dunia karena serangan jantung di Malaysia pada Minggu (18/9).

Keponakan Ayzumardi Azra, Armia Putriana menyampaikan beberapa hal aneh dari biasanya yang dilakukan Ketua Dewan Pers kelahiran Minangkabau itu.

Ketika almarhum pergi ke tempat kelahirannya di Padang beberapa waktu lalu, Azyumardi makan masakan Padang cukup banyak atau melepas selera.

Azyumardi memang lahir di Lubuk Alung, Padangpariaman, Sumbar, 4 Maret 1955.


“Beberapa hal memang berbeda gitu. Misalnya bapak kalau pergi ke luar kota itu enggak pernah lama. Ini di Padang itu di daerah kelahirannya dia lebih lama. Sampai seminggu dia di Padang,” kaa Armia, Minggu (18/9).

Baca Juga :

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia, ‘Sir’ Pertama dari Indonesia

Menurut informasi yang diperoleh keluarga di Padang, ternyata selama di Padang, Ketua Dewan Pers lebih bergairah ketika makan.

“Kalau kata orang Padang malapeh salero. Biasanya orang mau pergi malapeh salero (melepas selera), gitu kan,” jelasnya.

Gelagat aneh lainnya terkait sikap pada cucunya. Almarhum membeli oleh-oleh yang banyak untuk para cucunya. Hal yang jarang dilakukannya.

“Memang hal yang kita kagetin, bapak itu enggak pernah bawa oleh-oleh karena memang kondisi bapakkan. Kita tuh sampai kok bawa banyak,” jelasnya.

“Dia alasan untuk cucu-cucu dan mukanya happy, muka happy bahagia,” tandasnya lagi.

Ketua Dewan Pers juga menyampaikan pada anak bungsunya bahwa dia sudah selesai urusan dunia.

“Jadi bapak itu suka ngomong ‘yaudahlah’ bicara ke anak bungsunya ‘ayah udahlah untuk duniawi, i’m done’ jadi yang terakhir memang kata-katanya udah i’m done,” katanya.

KBRI Ungkap Ketua Dewan Pers Serangan Jantung

KBRI Kuala Lumpur menyebutkan, berdasarkan surat kematian dari Rumah Sakit Selangor Malaysia, penyebab meninggalnya Azyumardi Azra adalah serangan jantung.

KBRI Kuala Lumpur mengungkap Azyumardi Azra meninggal pada pukul 12.30 waktu Kuala Lumpur. Azyumardi Azra meninggal di Rumah Sakit Serdang di Selangor Malaysia.

“Pihak Rumah Sakit Serdang telah menerbitkan penyebab kematian almarhum yaitu: Acute Inferior Myocardial Infarction atau terdapat kelainan pada jantung. Beliau meninggal di unit perawatan intensif bagi penderita gangguan pada jantung (CCU),” kata KBRI Kuala Lumpur dalam keterangan pers tertulis, Minggu (18/9/2022).

Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono mengatakan Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia karena serangan jantung.

Dubes Hermono mengatakan berdasarkan surat kematian yang dikeluarkan pihak rumah sakit disebutkan penyebab kematian Ketua Dewan Pers yakni ‘acute inferior myocardial infarction’.

“Jadi tertulis dalam surat tersebut penyebabnya ‘acute inferior myocardial infarction’,” ujar dia. (ikror/pojoksatu)