Pengamat : Anies Baswedan Bakal Diusung Jadi Capres 2024 Oleh 3 Partai Besar Ini, Siap-siap Segera Deklarasi

Anies Baswedan layak nyapres 2024 (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA- Pengamat politik Jamiluddin Ritonga memprediksi Anies Baswedan bakal diusung oleh 3 partai politik atau parpol menjadi capres di Pilpres 2024.

3 partai tersebut tidak lain, Partai Nasional Demokrasi atau NasDem, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Sejak awal memang ingin mengusungnya. Setidaknya Partai Demokrat, Nasdem, dan PKS sebelumnya sudah kerap menyebut Anies,” kata Jamiluddin kepada Pojoksatu.id, Sabtu (17/9/2022).

Bahkan, lanjut Dosen Universitas Esa Unggul itu, Demokrat, Nasdem, dan PKS tampaknya tak lama lagi akan mendeklarasikan berkoalisi untuk mengusung Anies.


“Kemungkinan deklarasi itu akan dilakukan tak lama setelah Anies purnabakti Gubernur DKI Jakarta,” ujar Jamiluddin.

BACA : Sudah 3 Parpol Koalisi Jokowi Sindir Anies Usai Deklarasi Nyapres, Kalau Kendaraannya Nggak Ada Mana Bisa

Ia mengatakan jika 3 partai tersebut segera mengusung Anies, maka peluang mensosialisasikannya akan dapat lebih intens dan terencana dengan baik.

“Anies yang sudah purnabakti pun dengan sendiri akan punya waktu yang cukup tanpa dibatasi protokoler untuk menemui masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke,” jelasnya.

Jamiluddin menyarankan para relawan dan partai pengusung Anies Baswedan harus memanfaatkan peluang popularitas tersebut.

“Kalau peluang itu dimanfaatkan oleh partai pengusung, relawan, dan Anies sendiri, maka popularitas dan elektabilitas Anies akan semakin terkerek,” ucapnya.

“Anies tinggal memperkenalkan diri di tengah masyarakat berdasarkan titik-titik yang ditetapkan partai pengusung dan relawan,” sambungnya. (Mufit/Pojoksatu)