BEM Nusantara Sebut Bansos Sebagai Solusi Pemerintah, Fenomena Inflasi Tinggi Jadi Ancaman Masyarakat

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara menyebut bantuan sosial (bansos) adalah solusi yang diberikan pemerintah untuk meredam dampak penyesuaian harga BBM

POJOKSATU.id, JOGJAKARTA-  Sekretaris Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Reja Anggara menyebut bantuan sosial (bansos) adalah solusi yang diberikan pemerintah untuk meredam dampak penyesuaian harga BBM bersubsidi.

“Ini adalah solusi dari pemerintah,” kata Reja dalam diskusi ‘Membongkar Persoalan di Balik Kenaikan Harga BBM’ di Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIND, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (14/9/2022).

Lebih lanjut, Reja menyebut pemerintah tahu bagaimana mengatasi dampak penyesuaian harga BBM. Di sisi lain, Reja mengatakan pemerintah juga punya tugas untuk mengatasi sejumlah paradigma di masyarakat.

“Pemerintah yang lebih tahu bagaimana mengatasi permasalahan ini. Namun demikian pemerintah juga antisipasi terkait fenomena yang terjadi di masyarakat dan paradigma bahwa Indonesia mengalami inflasi tinggi,” tuturnya.


“Maka pemerintah harus mengantisipasi hal yang demikian karena negara hari ini menghadapi situasi yang sangat sulit, apalagi masyarakat dalam pemulihan ekonomi nasional,” sambung Reja.

BACA : Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa Kembali Turun ke Jalan, Polisi : Soal Pengalihan Arus Sifatnya Situasional

Mahasiswa, kata Reja, dalam hal ini punya peran penting agar program pemerintah tersebut bisa tepat sasaran. Di samping itu, Reja meminta pemerintah mengatasi dampak lain dari penyesuaian harga BBM.

“Bagaimana kita mengadvokasi masyarakat bahwa bantuan ini benar-benar turun ke masyarakat. Dan juga kita meminta kepada pemerintah mengatasi dampak nantinya di mana harga-harga lainnya seperti transportasi umum agar tidak membebani masyarakat,” tuturnya.

Reja menyatakan, pihaknya siap mengawal kebijakan dan penyaluran penyesuaian BBM bersubdi agar sampai ke masyarakat. Dengan begitu, dia berharap pemerintah bisa lebih cepat memulihkan ekonomi nasional.

“Harapannya pemerintah dapat memulihkan ekonomi lebih cepat dan juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi muda-mudi Indonesia dan tentunya hal ini akan membuat angka pengangguran menurun, maka ekonomi akan berpengaruh baik,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT), Bantuan subsidi upah (BSU) dan bantuan transpotasi umum. Bansos ini rencananya akan disalurkan melalui Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. (ade/pojoksatu)