Terungkap ! Mahfud MD Sebut Hacker Bjorka Tak Mempunyai Keahlian Membobol Data, Identitasnya Sudah Diketahui

Mahfud MD terkait Hacker Bjorka tak mempunya keahlian membobol data

POJOKSATU.id, JAKARTA- Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) sudah mengidentifikasi terduga Hacker Bjorka yang baru-baru ini aksinya tengah membuat gempar media sosial.

Meski sudah teridentifikasi, namun identitas dan keberadaan Hacker Bjorka belum bisa dibeberkan kehadapa publik dengan alasan tertentu.

“Sampai sekarang ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan,” kata Menkopolhukam Mahfud MD dalam konpers yang disiarkan di youtube Kemenko Polhukan, Rabu (14/9/2022).

Mahfud MD menyebut, dari hasil pendalaman sebenarnya Bjorka tidak mempunyai keahlian dalam membobol data-data.


Bahkan sampai saat ini, Mahfud MD mengklaim belum ada data-data pribadi yang bisa dibobol oleh Bjorka.

“Sebenarnya dia tidak mempunyai keahlian membobol. Hanya ingin memberi tahu kepada kita bawa kita harus hati- hati,” tuturnya.

“Yang ini (Bjorka) hanya membocorkan data- data sifatnya umum. Yang sebenarnya sampai detik ini isinya belum ada yang dibobol,” ujarnya.

Menteri berdarah Madura ini juga menegaskan, hingga detik ini tak ada rahasia negara yang dibobol oleh Bjorka.

BACA : BSSN Siber : Serangan Hacker Bjorka Tergolong Kategori Paling Rendah, Belum Berbahaya

Karena itu, Mahfud meminta agar masyarakat tetap tenang dengan segala aksi-aksi Bjorka yang seolah mempamerkan kekuatan Hackernya.

“Dan publik juga harus tenang karena sebenarnya sampai detik ini belum ada rahasia negara yang bocor,” ujarnya.

Seperti diketahui, salah satu pejebat yang diklaim berhasil diretas Bjorka yakni Presiden Jokowi, Puan Maharani, dan Erick Thohir, data Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Mendagri Tito Karnavian, dan Mahfud MD.

Bjorka mengaku motif atas aksi peretasan tersebut sebagai bentuk demonstrasi di era yang baru.

“I have a good indonesian friend in Warsaw, and he told me a lot about how messed up indonesia is, i did this for him,” tulis Bjorka lewat akun Twitternya.

Bila diartikan “Saya punya teman baik orang Indonesia yang di Warsawa, dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya Indonesia. Aku melakukan ini untuknya”. (firdausi/pojoksatu)