SMA Paket C Saja Belum Lulus, Apa Mungkin Bjorka Cirebon Acak-acak Data Menteri dan Mantan Kapolri

Muhammad Said Fikriansyah memberikan klarifikasi bahwa dia bukan Bjorka (radarcirebon)

POJOKSATU.id, CIREBON – Hacker Bjorka yang disebut bernama Muhammad Said Fikriansyah (17) ternyata belum lulus SMA paket C. Bjorka Cirebon dalam tanda kutip ini membantah mengacak-acak data menteri.

Pria asal Cirebon ini membantah bukan Bjorka yang sebenarnya. Dia pun bingung dituduh sebagai hacker yang mengacak-acak data eks Kapolri Tito Karnavian dan pejabat publik lainnya.

Kediaman pria yang dituduh Bjorka Cirebon dalam tanda kutip ini pun berada di sebuah gang kecil di Desa Klayan Kabupaen Cirebon.

Muhammad Said Fikriansyah disebut sebagai hacker Bjorka. Namun, dirinya membantah tuduhan itu.


“Saya bukan Bjorka, bukan hacker. Sekarang in imasih Kejar Paket C, baru 2 bulan,” kata Muhammad Said Fikriansyah saat ditemui di kediamannya, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga :

Mahfud MD Umbar Kelemahan Hacker Bjorka, Motif Gado-gado Seakan Cuma Mengingatkan Hati-hati

Bjorka Cirebon ini pun merasa aneh sebab sejak kemarin akun Instagram miliknya di tag volt_anonym. Kemudian, hari ini mulai banyak di pemberitaan di Google.

“Saya nggak tahu Bjorka. Tapi malah dituduh sebagai Bjorka,” sebut pria yang pernah mengenyam pendidikan di SMK Wahidin, Kota Cirebon tersebut.

“Kalau dituduh Bjorka, saya bukan Bjorka. Perlu diingat saya itu bukan Bjorka,” katanya lagi saat berbincang dengan wartawan.

Sehari-harinya Muhammad Said Fikriansyah mengaku bekerja sebagai editor video. Dia mengaku heran dan sangat terganggu oleh adanya tuduhan tersebut.

Dia sudah menyampaikan klarifikasi atas informasi yang mendiskreditkan namanya ke kepolisian.

“Tadi jam 11 siang saya kontak ke Polres Cirebon Kota. Jadi nanti saya bakalan cerita-cerita ke Polres,” kata dia.

Sementara itu Mabes Polri menyebut tim gabungan terpadu masih mengusut aksi dugaan peretasan data yang dilakukan oleh hacker Bjorka.

Baca Juga :

Berulang Kali Hidup Setelah Tumbang, Bjorka Selalu Follow Akun Twitter Ini, Siapa Sosok Itu?

Hal tersebut disampaikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo merespons pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang mengungkapkan hacker Bjorka sudah teridentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.

“Tim gabungan masih bekerja,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (14/9).

Diketahui Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri ikut tergabung dalam tim terpadu yang dibuat pemerintah untuk mengusut soal hacker Bjorka.

Dedi mengatakan pihaknya akan memberikan informasi lanjutan jika sudah ada informasi dari penyidik Siber Bareskrim Polri.

“Nunggu updatenya dari Dirtipisiber juga,” tuturnya.

Sebelumnya, Mahfud menyatakan gambaran mengenai hacker dengan nama alias Bjorka sudah diidentifikasi oleh BIN dan Polri.

Namun, Mahfud MD mengatakan pihaknya belum dapat mengumumkan siapa sosok di balik Bjorka yang selama ini menjadi perbincangan.

Namun salah satu akun di media sosial menuding bahwa pria asal Cirebon Muhammad Said Fikriansyah adalah hacker Bjorka. (ikror/pojoksatu)