Kemenko Perekonomian Akan Gelar Rekernas Kebijakan Satu Peta, Ada Banyak Lomba untuk Mahasiswa

Rakernas Pelaksanaan Percepatan Kebijakan Satu Peta yang akan digelar Kemenko Bidang Perekonomian

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemerintah akan menggelar Rakernas Pelaksanaan Percepatan Kebijakan Satu Peta yang rencananya akan digelar pada 4 Oktober 2022 mendatang.

Rakernas Kebijakan Satu Peta tersebut merupakan tindak lanjut penyelesaian permasalahan.

Itu terkait ketidaksesuaian atau tumpang tindih pemanfaatan ruang dalam rangka pelaksanaan Undang-undang Cipta Kerja (UU CK).

Yang kemudian diatur melalui PP 43/2021 dan Kepmenko Perekonomian terkait Peta Indikatif Tumpang Tindih Ketidaksesuaian Pemanfaatan Ruang.


Demikian disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko perekonomian Wahyu Utomo dalam konferensi pers zoom, Selasa 13 September 2022.

“Nanti akan kita lihat satu per satu, titik permasalahannya seperti apa sehingga kita akan mempunyai solusi yang harus kita rencanakan,” ujarnya.

BACA: Pakar : Airlangga Perkuat Diplomasi Politik dan Ekonomi di IPEF

Wahyu berharap melalui Rekernas itu semua perencanaan yang sudah dipetakan berjalan sesuai dengan harapan, sehingga tidak ada lagi permasalahan.

“Kita harapkan pada semester I/2024 rencana aksi ini sudah terpetakan dengan baik dan sudah dijadikan komitmen bersama antara kementerian/lembaga dan pemda,” terang.

Wahyu mengatakan, Rakernas itu akan digelar di Jakarta dan akan dihadiri sekitar 500 peserta yang berasal dari 30 kementerian/lembaga.

Kemudian 34 provinsi, 4 pemerintah kab/kota, 20 perguruan tinggi, 2 mitra pembangunan, dan 6 asosiasi.

“Kegiatan akan dibagi dalam tiga kelompok, yaitu pre-event, main vent, dan side event,” kata anak buah Airlangga Hartarto itu.

Wahyu menuturkan, pada pre-event, pemerintah menggelar lomba poster dan video Kebijakan Satu Peta bagi mahasiswa.

BACA: Airlangga dan Menteri Jepang Bahas Ekspor Pisang Dan Nanas, Ada Kabar Gembira

Ia menyebutkan pendaftaran lomba sendiri telah dibuka sejak 22 Agustus 2022 dan pemenang akan diumumkan pada 29 September mendatang.

Selain itu, akan ada sosialisasi Kebijakan Satu Peta dan agenda Kegiatan Rakernas kepada media.

Wahyu menjelaskan pada main event yang jatuh pada 4 Oktober, akan digelar serangkaian kegiatan, seperti forum menteri, peluncuran Sistem Informasi Peta Indikatif Tumpang Tindih IGT (SIPITTI).

Sementara pada side event, akan digelar diorama linimasa Kebijakan Satu peta dan ekshibisi Kebijakan Satu Peta untuk Indonesia.

“Kita akan serahkan penganugerahan pemenang kompetisi poster dan video, dialog interaktif kepala daerah dengan para menteri, forum muda, dan Rakernas Kebijakan Satu Peta,” pungkasnya. (Mufit/Pojoksatu)