Kejujuran Bripka Ricky Belok dari Ferdy Sambo Diuji Kapolri, Timsus Kasih 20 Pertanyaan Tambahan

Bripka Ricky Rizal ubah keterangan atau BAP (jpnn)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Timsus Polri tak percaya begitu saja Bripka Ricky Rizal sudah belok arah dari skenario Sambo. Timsus menguji kejujuran (konsistensi) Ricky dengan pemeriksaan tambahan.

Untuk menguji kejujuran Bripka Ricky sudah keluar dari skenario licik mantan atasannya itu, Bripka Ricky menjalani pemeriksaan tambahan oleh Timsus Polri.

Penyidik Timsus Polri sempat mencecar 20 pertanyaan terhadap Bripka Ricky dalam pemeriksaan tambahan, Selasa (13/9) untuk menguji kejujuran Bripka Ricky.

Adanya uji konsistensi Bripka Ricky oleh Timsus Polri ini diungkap pengacaranya Erman Umar.


Secara garis besar, kata Erman, penyidik menanyakah ihwal peristiwa di tiga lokasi yakni Magelang, rumah dinas Duren Tiga, dan rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling.

Baca Juga :

Ricky Bocorkan Adegan Mesra Sambo dan Putri Akting Belaka, ‘Mereka Malah Pelukan Itu Usai Joshua Tewas’

“Kira-kira lebih kurang 20-an pertanyaan, lalu masalah inti pertanyaan tidak terlepas dari kejadian apa peristiwa di Saguling, Magelang sampai ke Jakarta, sampai terjadinya pelaksanaan adanya kejadian pembunuhan,” ujar Erman Umar, Selasa.

Erman mengatakan pemeriksaan tambahan itu dilakukan untuk menguji konsistensi keterangan Bripka Ricky.

“Itu penegasan untuk menguji konsistensi setelah adanya pemeriksaan tersangka yang sudah mengubah (keterangan) dari sebelumnya,” tutur Erman.

Diketahui Erman Umar kembali menyambangi Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/9).

Erman mengaku kedatanganya untuk mengubah judul berita acara pemeriksaan (BAP) kliennya dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir Joshua.

“Jadi, empat hari lalu ada pemeriksaan. Jadi (hari ini, red) mengubah judul saja, karena ada masukan berdasarkan petunjuk kejaksaan,” kata Erman kepada wartawan di Bareskrim Polri, Selasa.

Bripka Ricky Balik Arah

Pengacara Bripka Ricky, Erman Umar menyebut bahwa kliennya berjanji akan membuka semua informasi usai Bripka Ricky dipertemukan dengan istri dan adiknya.

“Dia berbalik arah itu setelah mungkin Richard buka, dan dia juga didatangi adik kandung sama istrinya agar minta bicara benar,” tutur Erman di Mabes Polri, Jumat (9/9/2022).

Setelah bertemu keluarganya, Erman melihat Bripka Ricky menangis keras, lalu mulai membuka semua di hadapan keluarganya.

“Itu dia mulai nangis, mulai itu sudah terbuka,” tutur Erman.

Baca Juga :

Ferdy Sambo Makin Sudutkan Bharada Eliezer Terkait Perintah Isi Amunisi dan Tembak Joshua

“Tapi sebelumnya setelah istri dan adiknya menyampaikan agar terbuka bicara benar,” katanya di Mabes Polri, Kamis 9 September 2022.

Istri dan adik Bripka Ricky saat itu memberi peringatan soal ayahnya yang seorang mantan kapolsek.

“Kalau kamu tidak bicara benar nama baik bapak kamu yang juga polisi (menjadi pertaruhannya). Ingat anak kamu, bagaimanapun anak kamu akan melihat, mau apa pembunuh atau apa,” ucap Erman.

Selain itu Erman menambahkan bahwa Bripka Ricky sudah sejak awal terbawa oleh skenario licik yang dibuat Ferdy Sambo terkait pembunuhan Brigadir Joshua.

“Yang pertama kan memang terbawa skenario (tembak menembak Bharada E dan Brigadir J),” tukas Erman soal skenario licik Sambo yang akhirnya dibongkar Bripka Ricky ini.

Erman juga mengungkap Ferdy Sambo masih garang waktu diperiksa penyidik sehingga Bripka Ricky sampai takut di pemeriksaan konfrontasi.

Erman Umar tidak memungkiri bahwa Bripka Ricky masih takut terhadap Sambo yang pernah menjadi atasannya.

Momen itu diketahui saat terjadi pemeriksaan dengan metode konfrontasi. (ikror/pojoksatu)