AKBP Jerry Sudah Dipindah ke Mabes, Polda Metro Malah Tetap Siap Ngasih Bantuan Hukum Atas Pemecatannya

Mantan Wadirreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian dipecat Polri (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — AKBP Jerry Siagian dipindah ke Yanma Mabes Polri dari Wadirreskrimum Polda Metro imbas kasus Brigadir Joshua. Anehnya Polda Metro Jaya tetap mau ngasih bantuan hukum atas pemecatannya.

Konfirmasi bahwa Polda Metro Jaya tetap siap ngasih bantuan hukum ke AKBP Jerry Siagian yang dipecat ini disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, Senin (12/9/2022).

Meski sudah dipecat atau sanksi PTDH oleh Polri, Polda Metro Jaya ternyata masih siap memberikan bantuan hukum pada mantan Wadirreskrimum ini.

“Kemudian Polda Metro Jaya sebagai Polda dimana yang bersangkutan pernah berdinas, walaupun sudah ada TR pemindahan menjadi Pamen Yanma Mabes Polri, tetapi Polda Metro Jaya akan siap memberikan bantuan hukum manakala yang bersangkutan membutuhkan dalam proses selanjutnya,” jelas Kombes Zulpan kepada wartawan.


Diketahui, Mantan Wadirreskrimum AKBP Jerry R Siagian dikenai sanksi PTDH karena tidak profesional dalam menangani laporan terkait pembunuhan Brigadir Joshua.

Baca Juga :

Terlibat Kasus Brigadir Joshua, Ajudan Sambo Bharada Sadam Dijatuhi Sanksi Demosi 1 Tahun

Polda Metro Jaya menghormati keputusan yang telah ditetapkan dalam sidang etik Polri.

“Adanya putusan PTDH yang dijatuhkan kepada mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya Saudara Jerry Siagian, dalam hal ini sikap Polda Metro Jaya adalah mengembalikan kepada yang bersangkutan,” kata Kombes Endra Zulpan.

“Karena dalam putusan tersebut juga ada hak untuk menyampaikan banding tersebut,” katanya lagi.

Kombes Zulpan mengatakan pihaknya juga menghormati langkah AKBP Jerry Siagian yang mengambil banding atas putusan PTDH tersebut.

Selain itu, pihak Polda Metro Jaya bakal memberikan pendampingan bantuan hukum.

“Jadi kita menyerahkan kepada yang bersangkutan,” kata Zulpan.

Baca Juga :

Rekomendasi Komnas HAM Tak Ada Dugaan Pelecehan Putri Candrawati oleh Brigadir Joshua di Magelang

“Kemudian Polda Metro Jaya sebagai Polda dimana yang bersangkutan pernah berdinas, walaupun sudah ada TR pemindahan menjadi Pamen Yanma Mabes Polri, tetapi Polda Metro Jaya akan siap memberikan bantuan hukum manakala yang bersangkutan membutuhkan dalam proses selanjutnya,” jelas Kombes Zulpan.

Diketahui, sidang etik atau sidang KKEP yang memutuskan pemecatan mantan Wadirreskrimum AKBP Jerry Siagian ini digelar sejak Jumat (8/9) pukul 18.45 WIB sampai dengan Sabtu pukul 06.15 WIB.

Sidang etik AKBP Jerry Siagian kurang lebih 12 jam 3 menit di ruang sidang Divpropam Polri Gedung TNCC Lantai 1 Mabes Polri. (ikror/pojoksatu)