Badan Intelijen Tepis Dokumen Mereka Bocor Soal Presiden Jokowi

Presiden Jokowi (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto menepis kabar dokumen atau surat-surat dari BIN untuk Presiden Jokowi telah bocor.

Jubir Badan Intelijen Negara ini menyatakan kabar dokumen BIN untuk Presiden Jokowi dibobol hacker hingga diposting di forum internet adalah sebagai kabar bohong.

“Hoax itu, dokumen BIN aman terkendali, terenkripsi secara berlapis, dan semua dokumen pakai samaran,” kata Wawan Hadi Purwanto, Jumat malam (9/9/2022).

Dia menegaskan surat BIN untuk Presiden Jokowi juga diberi pengaman khusus.


Wawan juga mengatakan penanganan dokumen BIN dilakukan agar tetap aman.

“Apalagi jika itu surat atau dokumen ke Presiden, selalu dilakukan melalui kripto (sandi), dan kripto setiap saat diubah. Jadi dokumen BIN ke Presiden tidak bocor,” tegasnya.

Baca Juga :

Pembongkar Disharmoni Panglima TNI dan KASD Jenderal Dudung Minta Presiden Jokowi GPL atau Bahaya

Diketahui, warganet ramai membahas isu data BIN ke Presiden Jokowi yang dibobol peretas (hacker) hingga datanya diposting di sebuah forum internet.

Kali ini hacker mengklaim telah mempunyai surat-surat yang ditujukan ke Presiden Jokowi.

Kabar ini ramai dibahas di Twitter. Salah satu akun Twitter memposting tangkapan layar dari sebuah forum internet.

“Transaction of Letters and Documents to the President of Indonesia 679K,” demikian subjek postingan Bjorka di forum internet tersebut.

Postingan itu dimuat pada hari ini, Jumat (9/9/2022).

Dalam screenshot tersebut, ditampilkan akun bernama Bjorka yang mengklaim mempunyai surat dan dokumen untuk presiden dalam periode 2019-2021.

Akun itu mengklaim dokumen yang dibobolnya itu termasuk koleksi surat-surat dari Badan Intelijen Negara (BIN) yang berlabel rahasia.

Hingga Sabtu dinihari sekitar pukul 00.30 WIB, tagar atau cuitan ini sudah mencapai 10,8 ribu cuitan.

Akun Twitter @opposite090192 juga ikut mengunggah dokumen yang diklaim dokumen intelijen yang dikirim BIN ke Presiden yang disebut bocor. (ikror/pojoksatu)