Ada Apa Dibalik ‘Serangan’ PSSI ke JIS, Ini Jawaban Gubernur Anies Baswedan

Gubernur DKI Anies Baswedan (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Gubernur DKI Anies Baswedan menanggapi pernyataan atau ‘serangan’ PSSI yang menyebut JIS kurang memenuhi standar untuk gelaran laga Timnas Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya tersenyum menanggapi tudingan PSSI soal Jakarta International Stadium (JIS) ini.

“Kira-kira mungkin nggak? Jawaban saya cuma itu aja, kira-kira mungkin nggak? Kira-kira,” kata Gubernur Anies Baswedan menanggapi komentar PSSI soal JIS ini, Sabtu (10/9/2022).

Anies tidak banyak memberikan komentar terkait hal tersebut. Dia mengatakan hanya bisa tersenyum menanggapi pernyataan PSSI tersebut.


“Jawaban saya cuma senyum aja, gitu aja,” ujarnya.

Sementara itu, PT Jakarta Propertindo atau JakPro, selaku pengelola JIS, buka suara terkait apa yang dituduhkan PSSI.

Baca Juga :

Rocky Gerung Sebut Ada Upaya Menyerang Citra Anies Baswedan

Mereka menegaskan kalau JIS dibangun bekerja sama dengan salah satu kontraktor yang biasa mengerjakan stadion berstandar FIFA, Buro Happold.

“JIS merupakan salah satu stadion dengan nuansa Eropa, baik dari segi desain dan fasilitas. Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA saat perencanaan dan desain JIS,” ujar Plt Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo, dilansir pernyataan resminya.

Salah satu alasan PSSI adalah karena daya tampung parkir yang sedikit. Namun, hal itu, ditegaskan Arry, ternyata sudah dipikirkan oleh pihak pengembang.

Sesuai dengan aturan terbaru dari FIFA, dijelaskan Arry, stadion di era sekarang harus memperhatikan isu keberlanjutan lingkungan.

Artinya, JIS nantinya akan dibentuk terintegrasi dengan transportasi umum, dan masyarakat diharapkan tak membawa kendaraan pribadi ke stadion.

“Makanya, fasilitas parkir di JIS daya tampungnya terbatas agar suporter mengutamakan penggunaan transportasi publik,” ujar Arry.

Dalam keterangan resminya, JakPro menyebut JIS dibangun dan dirancang dengan mengikuti standar FIFA.

Bahkan, dalam proses pembangunannya, mereka mengklaim didampingi oleh pihak FIFA.

JakPro menyebut JIS dirancang oleh Buro Happold yang merupakan konsultan perencana dari Inggris yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion-stadion sepakbola modern.

Stadion milik Tottenham Hotspurs di London serta perancangan beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022 menjadi salah satu karyanya. (ikror/pojoksatu)