Jabatan Wadirkrimum Masih Kosong Polda Metro Tetap Klaim Kerja Anggota Tak Terganggu 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Endra Zulpan

POJOKSATU.id, JAKARTA- Jabatan Wadirkrum Polda Metro Jaya dan Kasubdit yang telah dicopot terkait kasus pembunuhan Brigadir Joshua hingga kini masih kosong.

Namun kekosongan jabatan yang ditinggalkan oleh anggota Polda Metro Jaya yang terlibat skenario Ferdy Sambo itu diklaim tidak mempengaruhi kinerja dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

“Tidak adanya Wadir dan Kasubdit dan tidak menganggu operasional Polda Metro sekarang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Kamis (8/9/2022).

Meski demikian, ka Zulpan, kekosongan jabatan itu secepatnya akan diisi. Akan tetapi keputusan tersebut merupakan kewenangan Kapolda Metro Jaya.


“Itu hak prerogatif Pak Kapolda nanti yang akan mutuskan,” ujarnya.

Zulpan belum membeberkan nama-nama yang akan mengisi jababat Wadirkrum dan Kasubdit.

BACA : Kapolri Beri Sinyal Terkait Ferdy Sambo, Rela Bikin Skenario Busuk ke Petinggi Polri, Makin Jelas 3 Kapolda Ini Terlibat

Pasalnya keputusan anggota yang pantas mengisi jabatan yang sudah beberapa pekan kosong akan dibahas melalui sidang Dewan Jabatan dan Kepangkatan (Wanjak).

“Pak Kapolda menunjuk siapa yang pantas, tapi melalui sidang Wanjak (Dewan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) ya,” ujarnya.

Sebelumnya lima anggota Polda Metro Jaya dicopot terkait kasus keterlibatan dalam skenario Ferdy Sambo. Lima anggota Polda Metro Jaya itu juga ditahan.

Kelimanya adalah mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya, AKBP Jerry Siagian; Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Handik Zusen; Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Raindra Ramadhan Syah; Kasubdit Renakta Polda Metro Jaya, AKBP Pujiyarto; dan Kanit 2 Jatanras Polda Metro Kompol Abdul Rohim.

Jerry ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Sedangkan empat lainnya ditahan di Biro Provost Mabes Polri. (firdausi/pojoksatu)