Tak Jamin Berkata Jujur, Mungkinkah Lie Detector Ampuh Bongkar Kebohongan Sambo dan Putri

Putri Candrawati dan Ferdy Sambo diperiksa pakai lie detector (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Ferdy Sambo dan Putri Candrawati akan menjalani tes lie detector besok, Rabu (7/9). Mungkinkah alat ini ampuh membongkar kebohongan Sambo dan Putri.

Mungkinkah lie detector ini akan mampu membongkar kebohongan Ferdy Sambo dan Putri Candrawati terkait kasus Brigadir Joshua.

Mantan Kabareskrim Komjen Purn Ito Sumardi menyebut tes lie detector tak bisa dipaksakan dan tidak menjamin orang tersebut akan berkata jujur.

Selain itu tes tersebut tidak bisa digunakan sebagai salah satu petunjuk pemeriksaan.


Adanya tes kebohongan dengan alat pendeteksi lie detector ini dimaksudkan untuk menguji tingat kejujuran dari para tersangka.

Baca Juga :

Kelima Tersangka Kasus Brigadir Joshua Diperiksa Pakai Lie Detector, Putri dan Sambo Malah Barengan Hari

“Kalau penggunaan lie detector itu bukan bagian dari CSI (Crime Science Investigation). Karena penggunaan lie detector itu juga tidak bisa kita paksakan kepada seseorang, dia punya hak untuk menolak,” kata Komjen (Purn) Ito Sumardi dikutip dari suaracom, Selasa (6/9).

Diketahui, Bareskrim Polri kembali akan memeriksa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi pada Rabu (6/9/2022) terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir Joshua.

Kali ini pemeriksaan Ferdy Sambo dan Putri akan dilakukan di Puslabfor Sentul, Jawa Barat menggunakan alat anti bohong atau lie detektor.

“Ferdy Sambo, Putri, dan ART-nya Susi akan diperiksa besok, pemeriksaan menggunakan lie detektor,” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi kepada wartawan, Selasa (6/9/2022).

Andi Rian mengklaim pemeriksaan menggunakan lie detector hasilnya sangatlah memuaskan.

Hal itu bisa dibuktikan usai pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap Bharade Eliezer, Brigadir Ricky Rizal, dan Kuwat Maruf. Hasil pemeriksaan ketiganya sangatlah jujur.

“Barusan usai pemeriksaan E, RR, dan KM, hasilnya no deception indicated alias jujur,” ujarnya.

Selain itu, kata Andi Rian, pemeriksaan menggunakan lie detector tersebut tujuannya tak lain untuk menambah sejumlah bukti lainnya dari kasus Ferdy Sambo itu.

Baca Juga :

Wakil Ketua LPSK Ungkap Kejanggalan Pengakuan Putri Tergambar di Rekonstruksi Duren Tiga

Pasalnya dari hasil pemeriksaan Ferdy Sambo dan istrinya itu masih ditemukan adanya dugaan kebohongan dalam memberikan keterangan kepada penyidik.

“Uji poligraph ini tujuannya untuk memperkaya alat bukti petunjuk lainnya,” tuturnya lagi.

Seperti diketahui, lie detector merupakan alat deteksi kebohongan menggunakan mesin poligraf.

Tes poligraf juga mencakup pemeriksaan tipikal, ketika subjek dijelaskan mengenai teknik tes dan tinjauannya.

Dilakukan pula wawancara sebelum tes yang dirancang memastikan subjek memahami pertanyaan.

Alat ini nantinya akan bekerja mendeteksi reaksi perubahan seseorang saat diajukan berbagai pertanyaan.

Biasanya menggunakan instrumen perekam fisiologis yang menilai tiga indikator gairah otonom, yaitu detak jantung atau tekanan darah, pernapasan, dan konduktivitas kulit.

Demikian tes lie detector akan digunakan kepada Ferdy Sambo dan Putri. Dan apakah ini akan ampuh membongkar kebohongan Sambo dan Putri? (firdausi/ikror/pojoksatu)