Kronologi Wartawan Disuruh Ngomong Sama Pohon oleh Anggota Polisi Polsek Kembangan, Awalnya Hendak Liput Kasus KDRT

Sunan Kalijaga berseteru dengan anggota Polsek Kembangan Jakarta Barat suruh wartawan ngomong sama pohon.

POJOKSATU.id, JAKARTA- Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Joko Dwi Harsono menjelaskan kronologis anggota Polsek Kembangan, Jakarta Barat yang meminta wartawan ngomong dengan pohon.

Awalnya pengacara korban KDRT berinisial MMS (45), Sunan Kalijaga melihat pelaku KDRT yang juga merupakan suami korban terlihat keluar dari ruangan penyidik dan tak dilakukan penahanan.

Padahal, kata Joko, alasan pihaknya tak menahan pelaku KDRT kerena selain bersikap kooperatif selama proses penyidikan, pelaku juga menjadi kepala keluarga terhadap anak-anaknya yang masih kecil.

“Tak ditahan yang bersangkutan (pelaku) ini mengasuh anak, empat orang anak yang masih kecil-kecil. Dan status kedua pihak terlapor maupun pelapor masih suami istri,” kata Joko kepada wartawan, Rabu (1/9/2022).


Selain pelaku yang masih mengasuh anak-anaknya yang masih kecil, berkas pelaku KDRT ini juga sudah dilimpahkan ke kejaksaan.

Dengan pertimbangan itulah, penyidik tak melakukan penahanan terhadap pelaku KDRT yang juga merupakan suami sah korban atau terlapor.

“Anak-anaknya diasuh oleh suaminya (tersangka). Berkas perkara pelaku juga sudah dikirik ke Kejaksaan,” ujarnya.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial perihal tindakan yang tidak menyenangkan seorang oknum polisi kepada wartawan yang melakukan peliputan.

Dalam video itu, polisi diduga menolak permintaan wawancara dari wartawan dan justru meminta wartawan berbicara dengan pohon.

BACA : Imbas Wartawan Disuruh Ngomong Sama Pohon , Begini Nasib Anggota Polisi Polsek Kembangan Setelah Dipanggil Propam

“Kamu tunggu dulu. Bicara dulu, bicara dengan pohon dulu sebentar, ya,” ucap polisi itu sembari mengarahkan sang wartawan yang berjilbab.

Aksi polisi suruh wartawan ngomong dengan pohon itu lantas dipertanyakan wartawan lainnya.

“Loh, kok begitu, pak? Kenapa gitu, pak?” tanya wartawan.

“Kok kami disuruh bicara sama pohon, pak?”

Melihat hal itu, Sunan Kalijaga langsung menghampiri dan mempertanyakan sikap polisi tersebut.

“Ini nggak bener ini, gak kayak begini, nih,” protes Sunan sembari menghampiri polisi yang masuk ke ruang penyidik Polsek Kembangan, Jakarta Barat. (firdausi/pojoksatu)