3 Jenis Honorer Tak Bisa Diangkat Jadi P3K 2022, Maaf Ya

Suharmen menyebut honorer tenaga kebersihan, sopir dan satpam tidak bisa diangkat menjadi P3K 2022.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ada tiga jenis honorer yang tidak bisa diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tiga kelompok honorer yang tak bisa jadi PPPK atau P3K 2022 yakni petugas kebersihan, pengemudi atau sopir, dan satuan pengaman (satpam).

Tiga jenis honorer itu tak bisa diangkat menjadi PPPK atau P3K 2022 lantaran formasi jabatan untuk ketiga golongan honorer tersebut sudah tidak ada di instansi pemerintah.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 185/M.SM.02.03/2022 tentang Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerinta Daerah.

Dalam SE Menteri PANRB disebutkan, instansi pemerintah yang membutuhkan tenaga lain seperti pengemudi, tenaga kebersihan dan satuan pengamanan dapat dilakukan melalui tenaga alih daya (outsourcing) oleh pihak ketiga.


Disebutkan, status tenaga alih daya atau outsourcing bukan merupakan tenaga honorer pada instansi yang bersangkutan.

BACA : Jadwal Pendaftaran PPPK dan Formasi P3K 2022, Terima SK Tahun Depan

Direktur Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengatakan ketiga jabatan tersebut sudah tidak ada dalam jabatan ASN, baik PNS maupun PPPK.

“Pengemudi, tenaga kebersihan, tenaga pengamanan itu diharapkan sudah bisa dialihkan menjadi tenaga ahli daya atau outsourcing dan bukan merupakan tenaga non-ASN,” tegas Suharmen, Selasa (30/8/2022).

Selain ketiga jenis honorer tersebut, ada beberapa golongan honorer yang juga terancam tidak bisa diangkat menjadi ASN karena tidak diakomodir dalam pendataan non ASN, di antaranya:

1. Pegawai Badan Layanan Umum

2. Pegawai Badan Layanan Umum Daerah

3. Bentuk jabatan lainnya yang dibayarkan dengan mekanisme outsourcing (alih daya)

4. Pegawai dengan SK atau kontrak kerja di atas 31 Desember 2021 dan atau pegawai yang tidak memiliki masa kerja minimal 1 tahun dengan mekanisme pembayaran APBN

5. Pegawai dengan SK atau kontrak kerja di atas 31 Desember 2021 dan atau pegawai yang tidak memiliki masa kerja minimal 1 tahun dengan mekanisme pembayaran APBD.

BACA : Syarat Pendaftaran P3K Tenaga Kesehatan 2022 dan Kriteria Honorer yang Dapat Afirmasi

Lima jenis honorer itu tidak bisa didata sebagaimana diamantakan SE Menpan RB Nomor B/I5II/M SM.01.00/2022 tertanggal 22 Juli 2022. Dengan demikian, peluang mereka untuk diangkat menjadi P3K 2022 bakal tertutup. (rifky/pojoksatu)