Untuk Polisi Suruh Wartawan Ngomong sama Pohon, Gimana Rasanya Diperiksa Propam ?

Video viral polisi suruh wartawan bicara dengan pohon. Ternyata penyidik Polsek Kembangan, Jakarta Barat

POJOKSATU.id, JAKARTA – Anggota polisi suruh wartawan ngomong sama pohon dan videonya viral, kini tengah diperiksa Propam Polda Metro Jaya.

Polisi suruh wartawan ngomong sama pohon itu adalah anggota Polsek Kembangan, Jakarta Barat.

Pemeriksaan anggota Polsek Kembangan oleh Propam Polda Metro Jaya itu masih dalam tahap klarifikasi.

“Sudah diperiksa Propam Polda, masih klarikasi,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pasma Royce kepada wartawan, Rabu (31/8/2022) malam.


Pasma juga belum bisa membeberkan hasil pemeriksaan klarifikasi terhadap anggota Polsek Kembangan tersebut.

“Nanti diupdate ya,” ujarnya.

BACA: Polisi Polsek Kembangan Suruh Wartawan Ngomong sama Pohon, Kemarin Brimob Loreng Bentak Wartawan

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polsek Kembangan AKBP Joko Dwi Harsono membenarkan polisi suruh wartawan ngomong sama pohon adalah salah satu anak buahnya.

Ia memastikan, dirinya akan memintai klarifikasi anak buahnya itu untuk mengetahui duduk permasalahan dan apa yang terjadi sebenarnya.

“Kita klarifikasi kepada yang bersangkutan bagaimana peristiwa sebenarnya,” kata Joko, Senin (31/8/2022).

Meski begitu, ia menegaskan akan memberikan sanksi jika anak buahnya memang salah.

“Kalau ada kesalahan dari pihak personel, nanti kita akan beri peringatan ataupun sanksi,” sambungnya.

BACA: Polisi Suruh Wartawan Ngomong sama Pohon, cuma Begini Penjelasan Polsek Kembangan?

Terkait video viral polisi suruh wartawan ngomong sama pohon, Joko meminta semua pihak agar bisa menahan diri.

“Saya minta semua pihak saling mengademkan agar peristiwa tidak berlarut-larut,” pintanya.

Videonya Viral

Untuk diketahui, video viral anggota polisi suruh wartawan ngomong sama pohon kali pertama diunggah Sunan Kalijaga melalui akun Instagram pribadinya.

Dalam video itu polisi tersebut mengenakan kemeja putih dan celana hitam, dengan kertas di tangan kiri.

“Kamu tunggu dulu. Bicara dulu, bicara dengan pohon dulu sebentar, ya,” kata polisi itu sembari mengarahkan sang wartawan yang berjilbab.

Aksi polisi suruh wartawan ngomong dengan pohon itu lantas dipertanyakan wartawan lainnya.

BACA: Ulah Brimob Bentak-bentak Wartawan di Sidang Etik Ferdy Sambo, Mebs Polri Berkali-kali Polri Minta Maaf

“Loh, kok begitu, pak? Kenapa gitu, pak?” tanya wartawan.

“Kok kami disuruh bicara sama pohon, pak?”

Tapi pertanyaan itu tak dijawab dan polisi itu memilih pergi dan berlalu.

Melihat hal itu, Sunan Kalijaga langsung menghampiri dan mempertanyakan sikap polisi tersebut.

“Ini nggak bener ini, gak kayak begini, nih,” protes Sunan sembari menghampiri polisi yang masuk ke ruang penyidik Polsek Kembangan, Jakarta Barat. (Firdausi/pojoksatu)