Syarat P3K Guru 2022, PPPK Probolinggo Isi Formasi Kosong

Hasil seleksi PPPK Probolinggo 2022 akan mengisi formasi kosong yang ditinggalkan PNS pensiun.

POJOKSATU.id, PROBOLINGGO – Ratusan formasi kosong di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan diisi oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK Probolinggo 2022.

Terdapat 454 formasi kosong di sejumlah SKPD Kabupaten Probolinggo lantaran banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah memasuki masa pensiun. Formasi itu nantinya akan diisi oleh PPPK.

Banyaknya formasi kosong menjadi atensi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo.

Pemkab Probolinggo berharap formasi yang kosong tersebut bisa diisi seluruhnya oleh P3K hasil seleksi 2022.


Sekretaris BKPSDM Syamsul Huda mengatakan sudah mengusulkan formasi PPPK 2022 ke pemerintah pusat. Upaya ini dilakukan sejatinya untuk mengisi formasi jabatan yang kosong.

Syamsul Huda mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi dari pusat apakah usulan formasi PPPK Probolinggo disetujui seluruhnya atau ada pengurangan.

BACA : Guru Honorer Disalip Murid Jadi PPPK, Kena Mental Sampai Menangis di DPR

Selain itu, Pemkab Probolingggo juga belum mendapatkan informasi kapan pendaftaran P3K 2022 dibuka.

“Sampai Agustus ini masih belum ada informasi rekrutmen PNS. Karena itulah pengisian formasi kami upayakan dengan jalur PPPK,” kata Syamsul Huda, seperti dilansir Radar Bromo, Selasa (30/8).

Terkait persiapan penerimaan PPPK 2022, Syamsul Huda menjelaskan sampai saat ini masih proses koordinasi.

Ia menegaskan bahwa pemerintah daerah hanya sebatas mengusulkan formasi yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

“Berapapun yang diusulkan, proses persetujuannya menjadi kewenangan pusat. Kami yang di bawah hanya melaporkan jumlah yang dibutuhkan,” jelasnya.

BACA : Naskah Soal PPPK 2022 Sudah Diserahkan ke Panselnas, Awas Bocor

Sampai akhir Agustus, sebanyak 454 formasi kosong di Pemkab Probolinggo. Formasi PNS yang kosong itu disebabkan oleh banyaknya PNS yang pensiun.

Sebanyak 451 PNS Probolinggo, baik PNS struktural maupun fungsional telah memamsuki masa pensiun. Sementara 3 PNS lainnya mengajukan pensiun dini.

Seleksi P3K 2022 Dibuka September

Jika tak ada aral melintang, seleksi P3K 2022 dibuka pada minggu ketiga September.

Hal itu disampaikan oleh Aba Subagja, Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan dan Pengadaan Pegawai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemenpan RB).

“Untuk seleksi CASN ini nanti mungkin di minggu ketiga September,” ucap Aba Subagja dalam Rapat Koordinasi Penataan dan Pemetaan Tenaga Non-ASN di Provinsi Jawa Timur pada 22 Agustus 2022.

BACA : Formasi PPPK Tenaga Kesehatan 2022 Sudah Ditetapkan, 9 Kategori Dapat Prioritas

Adapun syarat P3K Guru 2022 diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru 2022 pada Instansi Daerah.

Berikut syarat P3K Guru 2022:

1. Warga negara Indonesia;

2. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 59 tahun pada saat pendaftaran;

3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;

4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

6. Memiliki sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan dengan jenjang paling rendah sarjana atau diploma empat sesuai dengan persyaratan;

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;

8. Surat keterangan berkelakuan baik; dan

9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan.

Itulah syarat P3K Guru 2022 sebagaimana diatur dalam Permanpan RB Nomor 20 Tahun 2022. (rifky/pojoksatu)