Jadwal Pengangkatan Guru Lulus PG, Pelamar Prioritas 1 dan 2 Ikut Seleksi Administrasi

PPPK Kota Mataram terima SK
PPPK Kota Mataram terima SK.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sudah di depan mata. Pengangkatan guru lulus PG (passing grade) seleksi P3K 2021 pun tinggal menghitung hari.

Pengangkatan guru lulus PG rencananya dilakukan pada September mendatang.

Jadwal pengangkatan guru lulus PG disampaikan oleh Aba Subagja, Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan dan Pengadaan Pegawai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemenpan RB).

Menurut Aba Subagja, guru lulus PG tidak perlu melakukan pendaftaran, seperti pelamar umum. Mereka akan langsung diangkat menjadi PPPK.


Hal itu dikatakan Aba Subagja dalam Rapat Koordinasi Penataan dan Pemetaan Tenaga Non-ASN di Provinsi Jawa Timur pada 22 Agustus 2022.

“Khusus untuk guru yang lulus PG itu nanti dia bisa langsung diangkat,” ucap Aba Subagja, dikutip Pojoksatu.id dari kanal YouTube BKD Jatim pada Senin, 29 Agustus 2022.

BACA : Jadwal Pendaftaran PPPK dan Formasi P3K 2022, Terima SK Tahun Depan

Seperti diketahui, guru lulus PG masuk dalam kelompok pelamar prioritas 1 pada seleksi PPPK 2022.

Hal itu sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru 2022 pada Instansi Daerah.

Pelamar prioritas PPPK 2022 dibagi menjadi tiga kelompok, yakni pelamar prioritas 1, 2, dan 3.

I. Pelamar Prioritas 1

Pelamar priortas P3K 2022 meliputi:

❑ Guru THK II atau tenaga honorer eks kategori II yang telah dinyatakan lulus passing grade pada seleksi PPPK Guru 2021.

❑ Guru Non ASN atau guru sekolah negeri yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Guru 2021.

❑ Lulusan PPG atau invidu yang telah lulus pendidikan profesi guru (PPG) dan memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Guru 2021.

❑ Guru swasta yang sebelumnya telah dinyatakan lulus passing grade pada PPPK Guru tahun 2021 namun belum mendapatkan formasi.

II. Pelamar Prioritas 2

Pelamar Perioritas II adalah guru honorer eks kategori 2 atau THK II yang tidak lulus seleksi kompetensi II pada 2021.

III. Pelamar Prioritas 3

Pelamar prioritas 3 yaitu guru non ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja paling rendah tiga tahun.

BACA : Hasil Pendataan Guru Honorer 2022 Diumumkan Oktober, BKN Ingatkan Jangan Sampai Ada yang Dizalimi

Menurut Aba Subagja, pelamar prioritas 1 atau guru lulus PG langsung diangkat menjadi PPPK. Sedangkan pelamar prioritas 2 dan prioritas 3 harus mengikuti seleksi administrasi.

“Yang prioritas 2 dan 3 nanti proses seleksi administrasi di Kemendikbud,” ucap Aba Subagja.

Seleksi administrasi yang dimaksud Aba adalah verifikasi kesesuaian data.

BACA : Honorer Bisa Input Data di Aplikasi Pendataan Non ASN, Begini Caranya

Seleksi kesesuaian atau verifikasi dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik pelamar, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang (background check).

Hasil seleksi kesesuaian atau verifikasi dirangking untuk menentukan urutan kelulusan dan penempatan peserta menjadi PPPK 2022. (rifky/pojoksatu)