Pantau Jalannya Rekonstruksi di Rumah Dinas Ferdy Sambo, Kompolnas dan Komnas Bakal Dilibatkan

Suasana di TKP Rumah Dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan

POJOKSATU.id, JAKARTA- Selasa 30 Agustus, rencananya Bareskrim Polri bakal menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J di tempat kejadian perkara (TKP) rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan

Kelima tersangka, yakni Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada E, Bripka RR, dan KM, akan dihadirkan langsung dalam reka ulang itu.

Mereka akan didampingi pengacara masing-masing.

Rekonstruksi juga akan disaksikan oleh jaksa penuntut umum.


BACA : Jabatan Baru AKP Rita Yuliana di Bawah Irjen Fadil Imran, Isu Didesak Ferdy Sambo Hoaks?

Penyidik Bareskrim Polri bahkan mengundang Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas) agar memantau jalannya rekonstruksi itu.

Hal ini sesuai dengan komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar seluruh proses pengusutan kasus pembunuhan berencana Brigadir J berjalan transparan dan akuntabel.

“Sesuai komitmen Kapolri, seluruh proses harus menjaga transparansi, objektivitas, maka kami undang pengawas eksternal dalam hal ini Komnas HAM dan Kompolnas,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Jumat (26/8) malam.

Jenderal bintang dua ini mengatakan bahwa rekonstruksi itu merupakan salah satu upaya agar berkas perkara empat tersangka, yakni Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR, dan KM, bisa dinyatakan lengkap atau P21 oleh kejaksaan.

Menurut dia, Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menyampaikan bahwa rekonstruksi untuk memperjelas konstruksi dan peristiwa yang terjadi agar JPU mendapat gambaran lebih jelas dan sama dengan fakta yang terjadi, keterangan tersangka, dan saksi di berita acara pemeriksaan (BAP).

“Agar berkas bisa segera P21,” tegas Irjen Dedi di Jakarta, Sabtu (27/8). (ade/pojoksatu/ant)