Alur Dan Mekanisme Input Data di Aplikasi Pendataan Honorer 2022

Sosialisasi pendataan honorer 2022
Sosialisasi pendataan honorer 2022.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen memaparkan alur dan mekanisme input data di aplikasi pendataan honorer 2022.

Pertama-tama, instansi menunjuk admin atau operator yang bertugas untuk input data honorer di aplikasi pendataan honorer 2022. Penunjukan admin harus dilengkapi dengan SK.

“Jadi nanti admin instansi yang bertanggung jawab terhadap sistem ini, dan yang bersangkutan perlu di-registrasi,” ucap Suharmen saat sosialisasi pendataan honorer 2022 yang digelar secara virtual pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Pegawai yang ditunjuk sebagai admin instansi melakukan register dan mengunggah SK penunjukan admin pendataan non ASN 2022 di https://registrasi-admin.bkn.go.id/nonasn.


“Proses pendaftaran admin dilakukan melalui sistem. Jadi, tidak perlu menyampaikan surat ke kami. Tapi suratnya disampaikan di sistem yang juga sudah difasilitasi di dalam aplikasi ini,” jelas Suharmen.

BACA : Pengumuman Hasil Pendataan Non ASN 2022 Oktober, Seleksi PPPK Molor Lagi?

Setelah admin didaftarkan oleh instansi, maka tenaga non ASN dapat membuat akun di aplikasi pendataan non ASN.

Admin instansi mendaftarkan tenaga non ASN yang masih bekerja sampai saat ini yang memenuhi persyaratan pendataan tenaga non ASN berdasarkan peraturan.

Setelah didaftarkan oleh admin instansi, tenaga non ASN dapat membuat akun pendataan di aplikasi.

BACA : Honorer Bisa Input Data di Aplikasi Pendataan Non ASN, Begini Caranya

Tenaga honorer kemudian melakukan registrasi untuk dapat memonitor, mengkonfirmasi dan melengkapi riwayat kerja mereka masing-masing.

Suharmen mengingatkan tenaga non ASN baru bisa melengkapi riwayat kerja jika datanya sudah diinput oleh admin instansi.

“Jadi, kalau datanya sudah masuk, baru non ASN bisa membuat akun untuk melakukan registrasi dan memonitor, serta mengkonfirmasi, termasuk juga melengkapi riwayat kerja yang bersangkutan,” kata Suharmen.

BACA : 13 Data Ini Bisa Diinput Honorer di Aplikasi Pendataan Non ASN, Cek Syarat dan Ketentuannya

Setelah honorer melengkapi data riwayat, maka tenaga honorer bisa mencetak kartu pendaftaran tenaga non ASN 2022.

“Tenaga non ASN dapat mencetak hasil resume berupa bukti pendataan non ASN,” tandas Suharmen.

Dijelaskan Suharmen, proses melengkapi riwayat oleh tenaga non ASN, akan berhenti ketika admin instansi menyatakan finalisasi atau mengklik tombol final yang ada di dalam sistem.

Ia mengingatkan, instansi wajib melakukan checking atau pemeriksaan dari data yang diinput dan dilengkapi oleh tenaga non ASN.

Instansi melakukan finalisasi pendataan honorer 2022 sampai batas waktu yang ditentukan, yakni 30 September. (rifky/pojoksatu)