7 Dari 10 Kandidat Cawapres Airlangga Diusulkan Relawan Muda, Nama Erick Thohir Muncul Paling Atas

POJOKSATU.id, BOGOR— Relawan Muda Airlangga Hartarto (RMA) menyepakati tujuh dari 10 nama hasil penjaringan kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal RMA, Harry Waluyo Sajati menuturkan, tujuh nama tersebut disepakati dalam Rapat Koordinasi Nasional RMA yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/8/2022).

“Dari hasil diskusi dan pendalaman, dari tujuh nama itu sudah berdasarkan kompetensi dan popularitas. Pertama adalah kompetensi, tentu seperti diskusi kita di awal kita mencari figur yang mampu menjawab tantangan di masa depan, bagaimna posisi Indonesia baik di kawasan, maupun global,” tutur Harry di Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/8/2022).

Ia menegaskan, tujuh nama dipilih bukan hanya karena popularitasnya, tetapi lebih diutamakan memiliki kompetensi untuk bisa melengkapi Airlangga yang sudah diputuskan untuk diusung menjadi calon presiden oleh Partai Golkar.


Dari tujuh nama, muncul nama Menteri BUMN Erick Thohir di urutan teratas.

“Yang pertama adalah, namanya Erick Thohir diusulkan dari 7 wilayah (RMA),” ujar Harry.

BACA : Giring Bertemu Airlangga, Ternyata Golkar dan PSI Sudah PDKT

Di urutan kedua dan seterusnya, muncul sejumlah nama antara lain, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang diusulkan 6 wilayah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diusulkan empat wilayah
kepengurusan RMA di daerah, dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang diusulkan dari empat wilayah.

Selanjutnya, muncul nama Ilham Habibie diusulkan empat wilayah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang diusulkan tiga wilayah.

“Nama ketujuh adalah (Panglima TNI) Jenderal Andika Perkasa diusulkan dari tiga wilayah,” tegas Harry.

Tujuh nama yang sudah disepakati ini bakal menjadi rekomendasi yang akan dibawa kepada Airlangga Hartarto.

Ketua Dewan Pembina RMA Khalid Zabidi menambahkan, nama-nama tersebut akan diserahkan kepada Airlangga yang selanjutnya keputusan diserahkan kepada kandidat capres yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu.

Khalid mengatakan, selain merekomendasikan nama-nama untuk kandidat pendamping Airlangga, RMA juga akan menjali komunikasi dengan relawan masing-masing nama yang sudah masuk dalam rekomendasi kaum muda tersebut.

“Jadi kami akan membuat semacam konsorsium relawan yang akan mempopulerkan pasangan-pasangan ini ke masing-masing basis dukungan kami,” ujar Khalid.

Ia mengaku sudah menjalin komunikasi ke relawan dari tujuh nama yang masuk dalam daftar rekomendasi.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi menu atau pilihan buat partai politik menentukan capres dan cawapresnya pada Pilpres 2024 mendatang. Dan kita mendapatkan pasangan terbaik buat bangsa Indonesia dan rakyat Indonesia,” tegas Khalid. (*/pojoksatu)