Jadi Korban Bullying, Anak-anak  Ferdy Sambo dan Putri Chandrawathi Tertekan, KPAI Langsung Berikan Solusi Ini

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti

POJOKSATU.id, JAKARTA- Usai Ferdy Sambo ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Kabarnya kini anak-anak Ferdy Sambo dan Putri Chandrawathi menjadi sasaran cyber bully oleh para netizen.

Kejadian bullying terhadap anak-anak Ferdy Sambo dan Putri Chandrawathi itu, imbas dari pembunuhan yang dilakukan kedua orang tuanya terhadap Brigadir Joshua.

Komisioner KPAI Retno Listyarti  mengatakan, anak-anak memang rentan mendapatkan labelisasi dari perbuatan orangtuanya, meskipun anak-anak tersebut jelas tidak bersalah dan tidak bertanggungjawab atas perbuatan kedua orangtuanya.

“Anak memang rentan menjadi korban stigmatisasi dari pelabelan terkait dengan kondisi orang tuanya,” kata Komisioner KPAI Retno Listyarti dalam keterangannya, Senin (22/8/2022).


KPAI memang belum mendapatkan kabar valid perihal bullying terhadap anak-anak Ferdy Sambo. Namun, ia menduga anak-anak Ferdy Sambo itu pasti sudah tertekan atas ulah kondisi kedua orang tuanya.

“Anak-anak itu juga pasti sudah tertekan dengan kondisi kedua orangtua menghadapi proses hukum dengan tuntutan hukuman yang tinggi,” ujarnya.

BACA : Dicecar Komisi III DPR, Mahfud MD Malah Tepis Motif Menjijikkan Kasus Ferdy Sambo dan Brigadir Joshua

Karena itu, Retno pun memastikan akan memberikan perlindungan terhadap anak-anak Ferdy Sambo yang kabarnya menjadi korban bullying.

Wanita yang pernah berseteru dengan Mantan Gubernur DKI, Ahok juga akan mencari kebenaran dari informasi bahwa anak-anak Ferdy Sambo mendapatkan pembullyan dari netizen dan di lingkungan sekolahnya.

“Jika benar, tentu KPAI akan berkoordinasi dengan pihak sekolah dan Dinas Pendidikan untuk mencari solusi demi kepentingan terbaik bagi anak,” ujarnya.

“Mereka tidak bersalah dan kemungkinan besar tidak pernah mengetahui rencana pembunuhan yang dilakukan kedua orang tuanya,” tuturnya.

Seperti diketahui, Putri Candrawathi sudah ditetapkan sebagai tersangka menyusul sang suami Irjen Ferdy Sambo, dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Joshua. Dengab begitu sudah lima pelaku yang telah ditetapkan menjadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir Joshua.

BACA : Komisi III DPR Usul Kapolri Jenderal Sigit Diberhentikan Sementara Buntut Kasus Ferdy Sambo

Kelima tersangka yakni, Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, asisten rumah tangga sekaligus sopir Kuat Ma’ruf, l Bripka Ricky Rizal (RR), dan Putri Candrawathi.

Para tersangka diancam dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan hukuman pidana maksimal hukuman mati, atau penjara seumur hidup, atau 20 tahun perjara. (firdausi/pojoksatu)