Hasil Autopsi Brigadir Joshua Diumumkan Hari Ini, Dubur Josua Jadi Sorotan

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo sebut hasil autopsi Brigadir Joshua diumumkan hari ini.
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo sebut hasil autopsi Brigadir Joshua diumumkan hari ini.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) akan mengumumkan hasil autopsi Brigadir Joshua Hutabarat hari ini, Senin (22/8).

Rencananya, pengumuman hasil autopsi Brigadir Joshua akan dilaksanakan pada Senin siang.

Pengumuman hasil otopsi jenazah Brigadir Joshua dibenarkan oleh Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Dedi Prasetyo.

“Ya besok Senin (22/8), akan diumumkan hasilnya. Tim dokter PDFI yang akan mengumumkan,” ujar Dedi Prasetyo, Minggu (21/8).


Dedi menjelaskan autopsi ulang jenazah Brigadir Joshua yang dilaksanakan pada akhir Juli merupakan bagian dari proses penyidikan.

BACA : Viral Video Aiman Witjaksono di Rumah Ferdy Sambo, Temuan Uang Rp900 Miliar Sudah Dikonfirmasi

Jenderal bintang dua ini mengatakan pengumumannya hasil autopsi jenazah Brigadir Joshua akan dilakukan oleh tim PDFI untuk menjaga objektivitas.

“Tim penyidik mungkin hanya mendampingi,” jeas Dedi.

Pengumuman hasil autopsi ulang jenazah Brigadir Josua menjadi perhatian publik karena bagian intim Joshua juga diperiksa.

Sebelumnya, kuasa hukum keluarga Brigadir Joshua, Jhonson Panjaitan meminta agar tim dokter forensik juga memeriksa bagian kemaluan dan dubur Brigadir Joshua.

BACA : Otopsi Dubur Brigadir Joshua Sudah Kelar, Giliran Dubur Ferdy Sambo yang Harus Diperiksa

Hal itu perlu dilakukan karena ketika keluarga mengecek kejanggalan tubuh Brigadir Joshua, bagian itunya tidak sempat diperiksa.

“Ini juga yang penting, itu bagian kemaluan. Selain itu juga dubur ya. Itu juga penting,” terang Johnson pada Rabu, 27 Juli 2022.

Belakangan, pemeriksaan dubur Brigadir Joshua dikait-kaitkan dengan isu LGBT dalam kasus Ferdy Sambo.

“Yang menarik ini sebetulnya bukti otopsi. Ada suara keluarga minta otopsi dubur. Makanya itu kita akan tahu nih hari Senin. Hari Senin depan katanya mau ada laporan hasil otopsi,” ujar Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso di kantor Pojoksatu.id, Jumat malam (19/8).

Selain hasil atopsi dubur, kata Sugeng, hasil autopsi kelamin Brigadir Joshua juga akan dilaporkan oleh tim dokter forensik.

“Apakah ada serangan terhadap kelaminnya si Joshua, kita akan tahu hasilnya Senin depan,” beber Sugeng.

BACA : Mabes Polri Bicara Nasib Kapolda Metro Jaya, Kapolda Jatim dan Sumut Terseret Kasus Ferdy Sambo

Sugeng mengaku tidak mau membahas secara rinci soal LGBT dalam kasus Ferdy Sambo karena tidak memiliki bukti.

“Jadi soal LGBT ini atau bagaimana, ini juga isu yang saya dengar. Saya gak pernah bicara soal itu,” kata Sugeng.

Kendati demikian, pernyataan Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo seolah membenarkan adanya LGBT dalam kasus Ferdy Sambo.

“Pernyataan itu (LGBT) terwakili sepertinya dengan pernyataan Dedi Prasetyo yang menyatakan ini kalau motifnya dibuka, kasihan kedua belah pihak,” jelas Sugeng.

Selain Dedi Prasetyo, Menko Polhukam Mahfud MD juga mengisyaratkan bahwa motif pembunuhan Brigadir Joshua ada kaitannya dengan LGBT.

Sugeng mengatakan, Mahfud MD telah mengatakan motifnya hanya boleh didengar oleh orang dewasa karena mengerikan campur menjijikkan.

“Pak Mahfud mengatakan motif ini 18 tahun ke atas, menjijikkan. Apa itu menjijikkan? Ya, kalau misalnya selingkuh kan tidak menjijikkan,” kata Sugeng.

“Selingkuh itu sesuatu yang biasa kalau itu heteroseksual. Tapi kalau dalam konteks seksual yang menjijikkan itu dalam pergaulan sosial kita yang masih tidak bisa diterima memang LGBT,” tandas Sugeng Teguh Santoso. (rifky/pojoksatu)