Pasca Ditetapkan Tersangka, Komnas Perempuan Minta Putri Candrawathi Diberikan Pendampingan Psikiater

Putri Candrawati tesangka pembunuhan brigadir joshua

POJOKSATU.id, JAKARTA-  Komnas Perempuan meminta agar Putri Candrawathi yang baru ditetapkan tersangka diberikan pendampingan psikologis dan psikiater.

“Pendampingan psikologi dan psikiater sebagai bagian dari hak atas kesehatan tetap dilakukan,” kata Komisioner Komnas Perempuan Theresia Sri Endras Iswarini dalam konferensi pers bersama Komnas HAM secara virtual, Jumat (19/8).

Hal itu merupakan bagian dari upaya pemulihan perempuan berhadapan dengan hukum, sejak awal proses penyidikan hingga persidangan dan pascaputusan pengadilan.

Dia meyakini proses pendampingan psikologis akan memungkinkan istri Ferdy Sambo itu untuk memberikan keterangan sehingga memperlancar proses hukum kasus tersebut.


Komnas Perempuan juga akan memantau demi memastikan negara melalui aparat penegak hukum menghormati, dan memenuhi hak-hak istri Ferdy Sambo sebagai perempuan yang berhadapan dengan hukum.

BACA : Putri Candrawati Tersangka Pembunuhan Brigadir Joshua, Pengacaranya Sudah tak Tahan

“Pemeriksaan Komnas HAM dan Komnas Perempuan masih akan terus berproses dan melanjutkan koordinasi dengan berbagai pihak terkait,” ujarnya seperti ditulis JPNN, yang dikutip pojoksatu.

Diberitakan sebelumnya, Tim Khusus telah melakukan pemeriksaan terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi terkait kasus kematian Brigadir Joshua.

Hasil pemeriksaan dan gelar perkara kasus Putri Chandrawathi ditemukan adanya tindak pidana.

“Berdasarkan pemeriksaan dan gelar perkara. Maka penyidik telah menetapkan saudari PC menjadi tersangka,” kata Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto di Bareskrim Polri, Jumat (19/8/2022). (dhe/pojoksatu)