Mahfud MD Bocorkan Lagi Tersangka Pembunuhan Brigadir Joshua, Petunjuknya Jelas Banget

Menko Polhukam Mahfud MD bocorkan lagi tersangka baru kasus pembunuhan Brigadir Joshua

POJOKSATU.id, JAKARTAMenko Polhukam Mahfud MD bocorkan lagi tersangka pembunuhan Brigadir Joshua. Pasalnya, Mahfud memastikan tersangka bakal bertambah.

Bocoran tersangka baru kasus pembunuhan Brigadir Joshua itu diungkap Mahfud MD di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Dalam pernyataannya, Mahfud MD menyinggung soal 35 anggota polisi yang diduga melakukan pelanggaran etik terkait penanganan kasus pembunuhan Brigadir Joshua.

“Harus bertambah,” tegas Mahfud MD.


35 anggota polisi itu, kata Mahfud, harus dibagi secara tegas berdasarkan peran masing-masing dalam kasus pembunuhan yang diotaki mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

Karena itu, Mahfud kembali mengingatkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar bertindak tegas kepada anak buahnya yang melakukan pidana dan pelanggaran etik.

Menurut Mahfud MD, ada tiga kelompok untuk membagi peran 35 anggota polisi itu.

BACA: Ferdy Sambo Bikin Semua Orang jadi Muak Semuak-muaknya

“Satu, pelaku dan perencarana. Dua, obstruction of justice yang menghalang-halangi. Ketiga, yang hanya petugas teknis kayak yang buka pintu, nganter surat. Itu,” beber Mahfud.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengungkap, 35 anggota polisi terbukti melakukan pelanggaran etik.

Mereka diduga tidak profesional saat melakukan olah TKP pembunuhan Brigadir Joshua di rumah dinas Ferdy Sambo, di Duren Tiga.

Dedi menyebut, total anggota polisi yang menjalani pemeriksaan oleh Inspektorat Khusus (Itsus) berjumlah 63 anggota polisi.

“35 sudah terbukti melakukan pelanggaran etik karena ketidakprofesionalan di dalam olah TKP,” ungkapnya.

BACA: Beredar Struktur Kekaisaran Ferdy Sambo dan Konsorsium 303, Ada Nama 7 Jendral di Dalamnya

Selain itu, Itsus juga menemukan adanya dugaan penghalang-halangan penyidikan atau proses hukum.

“Kemudian ada dugaan obstruction of justice dan juga masih dikembangkan,” beber Jenderal Polri kelahiran Madiun, Jawa Timur itu.

Sampai saat ini, sudah ada empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir Joshua.

Keempat tersangka itu, yakni Brigadir E atau Bharada Eliezer, Brigadir RR atau Brigadir Rizki Rizal dan Kuwat Ma’ruf.

Kuwat Ma’ruf merupakan sopir pribadir Putri Candrawati.

BACA: Nama 6 Jenderal Terseret di Konsorsium 303 Kaisar Sambo dengan Setoran 1,3 Triliun, IPW Desak Kapolri Segera Turun Tangan

Selanjutnya mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo yang berperan sebagai otak sekaligus pembuat skenario pembunuhan Brigadir Joshua.

Keempatnya dijerat pasal pembunuhan berencana, yakni Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Dengan pasal tersebut, ancaman hukuman yang menanti keempatnya adalah hukuman mati atau penjara seumur hidup atau selama-lamanya 20 tahun penjara. (ruh/pojoksatu)