Pertama Kalinya Ponpes Milik Ustadz Abu Bakar Baasyir Gelar Upacara HUT RI, Menko PMK Langsung Turun

Ustadz Abu Bakar Baasyir terima bendera merah putih dan menggelar upacara HUT RI pertama kalinya di Ponpes Al Mukmin Ngruki (ist)

POJOKSATU.id, SUKOHARJO – Untuk pertama kalinya ponpes Al Mukmin Ngruki milik Ustadz Abu Bakar Baasyir menggelar upacara HUT RI. Menko PMK Muhadjir Effendy langsung turun tangan.

Bisa jadi, Ustadz Abu Bakar Baasyir juga pertama kalinya mengikuti upacara HUT RI usai puluhan tahun.

Ustadz Abu Bakar Baasyir memakai baju serba putih peci putih, sarung cokelat muda, berkaca mata dan menggenggam tongkat, ikut menghadiri upacara peringatan HUT Ke-77 RI di Ponpes Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (17/8).

Upacara dipimpin langsung Menko PMK Muhadjir Effendy itu.


Abu Bakar Baasyir telah dibebaskan dari Lapas Gunung Sindur sekitar pukul 05:30 pagi setelah Shalat Subuh, Jumat (8/1/2021) tahun lalu.

Baca Juga :

HUT RI ke 77, Ketum Golkar : Proklamasi Ajarkan Kita Kolaborasi Bukan Polarisasi

Sementara itu, dalam upacara tersebut, Menko PMK Muhadjir Effendy selaku inspektur upacara mengatakan pelaksanaan upacara dilakukan sebagai rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Pelaksanaan upacara dilakukan sebagai rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemerdekaan berarti kita tetap berpegang teguh kepada tali persatuan dan kesatuan,” kata Menko PMK dikutip dari Antara, Rabu (17/8/2022).

Dengan demikian, kata menko, rasa syukur ini akan memberikan optimisme bagi bangsa untuk bersama-sama membangun bangsa Indonesia.

“Kita terus berupaya pulih lebih cepat dan bangkit lebih cepat,” katanya.

Sementara itu, pendiri Ponpes Al Mukmin Ustad Abu Bakar Baasyir mengapresiasi Koramil 074/Warastratama dan Polres Sukoharjo yang telah membantu Ponpes Al Mukmin Ngruki mempersiapkan upacara HUT RI ke-77.

Menurut Ustadz Abu Bakar Baasyir, upacara HUT Kemerdekaan RI merupakan kali pertama dilaksanakan sejak Ponpes Al Mukmin Ngruki berdiri.

“Kemerdekaan Bangsa Indonesia ini adalah suatu anugerah dari Allah SWT dan itu memang sudah kehendak Allah,” Ustaz Abu Bakar Baasyir. (ral/pojoksatu)